Persamaan kuadrat dengan Laboratorium Maya Rumah Belajar: Pembelajaran Daring Kelas 9

Diberitahukan kepada siswa siswi kelas 9 SMP Negeri 48 Muaro Jambi, bahwa pembelajaran daring pada minggu ini melalui halaman ini, dimulai hari ini sampai hari sabtu 19 September 2020.



DAFTAR HADIR

Sebelum melakukan pembelajaran daring mari kita lakukan absensi terlebih dahulu yaitu dengan cara memberi komentar pada bagian bawah halaman  ini dengan cara mengetik NAMA KELAS HADIR, conothnya NANANG SRIYADI 9A HADIR. Komentar tersebut dianggap sebagai kehadiran.

PEMBELAJARAN

Materi yang akan kita pelajari adalah Persamaan kuadrat. Persamaan kuadrat merupakan salah satu persamaan matematika dari variabel yang mempunyai pangkat tertinggi dua. Bentuk umum dari persamaan kuadrat atau PK adalah sebagai berikut:

dengan x merupakan variabel, a, b merupakan koefisien, dan c merupakan konstanta. Nilai a tidak sama dengan nol.

Akar akar persamaan kuadrat

akar akar persaman kudrat adalah angka yang apabila di subtitusikan kedalam persamaan maka akan memenuhi persamaan tersebut. misalnya pada persamaan ini kita subtitusikan beberapa angka kedalam persamaan berikut ini.

Ternyata setelah di subtitusikan 2 kedalam x hasilnya adalah 20, bukan 0, maka 2 bukan merupakan akar-akar persamaan kuadrat. kita coba masukkan angka lain, misalnya

Ternyata setelah di subtitusikan -2 kedalam x hasilnya adalah 0, maka -2 merupakan salah satu akar-akar persamaan kuadrat. Tentunya jika melakukan percobaan satu persatu akan membuat penyelesaian menjadi lebih lama. dalam menyelesaikan persamaan tersebut kita bisa melakukan beberapa cara, salah satu nya dengan metode pemfaktoran

Metode Pemfaktoran

Metode pemfaktoran merupakan salah satu cara untuk mencari akar-akar persamaan kuadrat

Tugas kita adalah mencari nilai pada titik-titik tersebut, Dari persamaan tersebut kita dapat bahwa a=1 b=5 dan c=6, kita harus mencari 2 angka yang apabila dikalikan hasilnya 6 dan jika dijumlahkan hasinya adalah 5.

Dengan melakukan percobaan kita dapat bahwa angka tersebut adalah 2 dan 3 karena 2x3=6 dan 2+3=5, maka:

jadi kita mendapatkan hasil bahwa akar akar persamaan kuadratnya adlah x=-2 dan x=-3.

selain cara pemfaktoran kita bisa mencari akar-akar persamaan kuadrat tersebut menggunakan aplikasi. sangat banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari akar-akar persamaan kuadrar tersebut. salah satunya kita bisa memanfaatkan Portal Rumah Belajar. salah satu fitur yang bisa kita gunakan adalah Laboratorium Maya untuk menyelesaikan persamaan kuadrat tersebut dengan langkah -langkah sebagai berikut:

Cara Menggunakan Laboratorium Maya untuk Menyelesaikan persamaan Kuadrat

1. kita buka portal rumah belajar dengan melalui link belajar.kemdikbud.go.id
2. kita pilih laboratorium maya

3. kita pilih grafik persamaan kuadrat dan klik lakukan percobaan sekarang

4. selanjutnya kita masukkan nilai a, b, dan c sesuai dengan persamaan yang akan kita cari penyelesaian akar-akar persamaan kuadrat nya dan klik penyelesaian makan jawaban akan muncul. contonhya pada persamaan kuadrat diatas kita dapatkan bahwa a=1, b=5 dan c=6 kita masukkan kedalam labratorium maya dan hasilnya adalah x=-2 dan x=-3

Penugasan

untuk memahami materi diatas mari selesaikan penugasan berikut ini.
Kumpulkan jawaban melalui google classroom Matematika Kelas 9

12 komentar untuk "Persamaan kuadrat dengan Laboratorium Maya Rumah Belajar: Pembelajaran Daring Kelas 9"

Posting Komentar