tes

Belajar Kalimat Terbuka & Tertutup

Menemukan Kebenaran

Kalimat Terbuka dan Kalimat Tertutup

Tujuan Kegiatan Belajar

  • Siswa mampu membuat bentuk Aljabar dari permasalahan kontekstual dengan tepat.
  • Siswa mampu menentukan kebenaran dari kalimat tertutup dan kalimat terbuka dengan tepat.

Uraian Materi

Operasi penghitungan aljabar menjadi informasi dasar yang harus dipahami terlebih dahulu. Konsep ini sangat berguna untuk memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita mulai dengan sebuah eksplorasi.

Studi Kasus: Peta Provinsi Jambi

Peta Provinsi Jambi

Gambar 1: Peta Provinsi Jambi

Perhatikan beberapa kalimat berikut ini:

  • Kota A merupakan ibukota dari Provinsi Jambi.
  • Kabupaten B berbatasan dengan kabupaten Tanjung Jabung Barat.
  • Kabupaten C merupakan daerah paling luas di Provinsi Jambi.
  • x + 7 = 20

Bisakah kalian menentukan nilai kebenarannya (benar atau salah)? Kita tidak bisa langsung menentukannya karena ada unsur yang belum diketahui nilainya, yaitu A, B, C, dan x.

Kalimat Terbuka

Pernyataan yang tidak dapat dinilai benar atau salah karena masih memiliki elemen (variabel) yang nilainya tidak diketahui.

Contoh: x + 6 = 10

Kalimat Tertutup

Pernyataan yang dapat dipastikan nilai kebenarannya (hanya benar atau hanya salah), tidak keduanya.

Contoh: 5 + 2 = 7 (Benar)

Latihan Interaktif

Rangkuman Materi

  • Kalimat tertutup adalah pernyataan yang pasti benar atau salah.
  • Kalimat terbuka adalah pernyataan yang belum bisa dipastikan kebenarannya karena mengandung variabel.
  • Variabel pada kalimat terbuka harus diganti agar menjadi kalimat tertutup dan bisa ditentukan nilai kebenarannya. Pengganti variabel yang membuat kalimat menjadi benar disebut selesaian.