Gambaran Soal SKB Guru Matematika SMP dan SMA

Selamat datang di nanangsriyadi.online
pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman saya saat mengikuti Tes CPNS 2018 lalu, Selesksi CPNS sekarang ini menggunakan sistem CAT sehingga transparansi dari kegitan tes awal sampai akhir sangat baik, dengan sistem seperti ini sangat meminimalisir terjadinya kecurangan, sehingga seleski CPNS ini sangat fair.

Ragkaian kegiatan tes cpns melalui beberapa tahapan, yang pertama tentunya adalah tahap pendaftaran, dilajutkan dengan seleksi administrasi secara online maupun online, setelah kita dinyatakan lolos tahap administrasi kit aberhak untuk mengikuti tes SKD atau seleksi kompetensi dasar.

Seleksi kompetensi dasar memiliki passing grade yang harus dicapai untuk bisa lolos ke tahap selanjutnya, tentunya yang berhak mengikuti SKB adalah 3x dari formasi yang ada, apabila 1 formasi berarti yang berhak mengikuti SKB adalah 3 orang.

Nah pada postingan ini saya akan berbagi gambaran soal SKB pada formasi Guru matemtika Ahli Pertama untuk jenjang SMP dan SMA, berdasarkan SKB 2019 lalu yang sudah saya ikuti tes SKB pada saat itu saya mendapat nilai 250.

dari soal yang saya kerjakan secara umum soal terdiri dari 2 macam soal:
1. Soal pedagogik
2. Soal Matematika

untuk soal pedagogik itu terdiri dari:
1. Kompetensi pedagogik
Kompetensi pedagogik adalah kompetensi yang erat kaitannya dengan kemampuan guru dalam memahami proses pembelajaran. Pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas adalah bersifat dinamis.
Hal ini terjadi karena adanya komunikasi atau interaksi timbal balik antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa.

2. Kompetensi kepribadian
Kompetensi kepribadian merupakan  kompetensi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai seorang guru. Yakni yang dapat menunjukkan sikap dan kepribadian yang baik. Menjadi guru yang patut untuk ditiru dan diteladani. Yang merupakan filosofi untuk menunjukkan kemampuan kepribadiannya.
Untuk dapat ditiru, maksudnya adalah karena guru diyakini memiliki ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan siswanya.

3. Kompetensi profesional
Kompetensi profesional adalah kompetensi atau kemampuan seorang guru dalam mengelola seluruh proses belajar mengajar. Kemampuan dalam mengelola pembelajaran ini artinya mampu dan cakap dalam mendukung pembelajaran dalam pengelolaan kelas, penguasaan materi belajar, strategi mengajar dan penggunaan media belajar.

4. Kompetensi sosial
Kompetensi sosial adalah kompetensi atau kemampuan guru sebagai tenaga pendidik dalam menjalin hubungan atau berkomunikasi dan berinteraksi yang baik dengan warga sekolah maupun warga dimana guru berada. Kemampuan sosial ini dapat dilihat melalui pergaulan sosial guru tersebut. Seperti pergaulaun guru dengan siswa, pergaulan dengan rekan sesama guru, pergaulan dengan orang tua atau wali murid, dan juga pergaulan guru dengan masyarakat dimana ia berada.



untuk soal matematika berdasarkan yang saya kerjakan yaitu soal sekelas Ujian Nasional Matematika SMA.

nah berikut saya berikan link donwload beberapa soal pedagogik dan matematika dalam format pdf dan word yang dapat didownload melaluii google drive.


silahkan download

semoga bermanfaat
terima kasih telah berkunjung
apabila link tidak aktif silahkan tinggalkan pesan dikomentar

Tidak ada komentar untuk "Gambaran Soal SKB Guru Matematika SMP dan SMA"