CONTOH LK 3.7 LAPORAN SINGKAT KEGIATAN PRAKTIK MENGAJAR KE-1 SAMPAI KE-3
Laporan PPL PPG 2021
kegiatan terakhir dalam rangkaian kegiatan pendidikan profesi guru adalah kegiata praktek pengalaman lapangan atau PPl yang dilaksanakan selama 31 hari efektif dengan3 siklus atau 3 kali melakukan praktek pembelajaran baik luring maupun daring yang direkam.
setalah selesai melaksanakan kegiatan PPL ke 1 sampai ke 3 terdapat tagihan yang harus dikerjakan mahasiswa PPG, yaitu membuat laporan PPL PPG 2021 atau dengan nama LK. 3.7 Laporan Singkat Kegiatan Praktek Mengajar ke-1 sampai ke-3.
![]() |
LAPORAN SINGKAT KEGIATAN PRAKTIK MENGAJAR KE-1 SAMPAI KE-3 |
Pertanyaan di Laporan PPL PPG 2021
di dalam laporan PPL PPG atau LK. 3.7 Laporan Singkat Kegiatan Praktek Mengajar ke-1 sampai ke-3. terdapat beberapa pertanyaan yaitu:
a. Deskripsi
Jenis Kasus/Masalah
Pelaksanaan Pembelajaran
Kasus
Kegiatan Mengajar 1
Kasus Kegiatan Mengajar 2
Kasus Kegiatan Mengajar 3
b. Deskripsi
Faktor Penyebab
Faktor
penyebab kasus 1
Faktor penyebab kasus 2
Faktor penyebab kasus 3
c. Deskripsi Alternatif Solusi/Tindakan
Solusi/Tindakan kasus 1
Solusi/Tindakan kasus 2
Solusi/Tindakan kasus 3
d. Uraian Hasil yang Didapatkan dari Tindakan
Hasil tindakan 1
Hasil tindakan 2
Hasil tindakan 3
e. kesimpulan
f. saran
CONTOH LK 3.7 LAPORAN SINGKAT KEGIATAN PRAKTIK MENGAJAR KE-1 SAMPAI KE-3
a. Deskripsi
Jenis Kasus/Masalah
Pelaksanaan Pembelajaran
Pada pelaksanaan praktik kegiatan mengajar ke-1 secara luring, kasus atau permasalahan yang
terjadi antar lain:
1.
Peserta didik
mempresentasikan langsung dari LKPD, tidak melalui layar proyektor
2.
Kegiatan
pembelajaran kurang efisien karena selesai sebelum waktunya, Waktu pelaksaan
pembelajaran selama 70 menit, lebih cepat dari seharusnya 80 menit
Kasus Kegiatan Mengajar 2
Pada pelaksanaan praktik kegiatan mengajar ke-2 secara luring, kasus atau permasalahan yang
terjadi antar lain:
1. Pembagian kelompok tidak dapat dilakuakn pengacakan
menggunakan id.rakko.tools secara online
Kasus Kegiatan Mengajar 3
Pada pelaksanaan praktik kegiatan mengajar ke-3 secara luring, kasus atau permasalahan yang
terjadi antar lain:
1.
Suara terdengar
kurang jelas sehingga komunikasi dengan siswa kurang lancar
b. Deskripsi
Faktor Penyebab
Faktor
penyebab kasus 1
Pada pelaksanaan praktik
kegiatan mengajar ke-1 secara luring, faktor penyebab yang terjadi antar lain:
1. Dikarenakan terjadinya pemadaman PLN mengakibatkan
saat proses presentasi peserta didik tidak dapat menampilkan hasil LKPD nya
melalui layar proyektor
2. Pembelajaran
kurang sistematis sehingga mengakibatkan manajemen waktu kurang berjalan
dengan baik sehingga lebih cepat selesai dari pada seharusnya
Faktor
penyebab kasus 2
Pada pelaksanaan praktik
kegiatan mengajar ke-2 secara luring, faktor penyebab yang terjadi antar lain:
1. Diakrenakan terjadinya ganggua pada jaringan internet
mengakibatkan yang seharusnya pengacakan kelompok belajar menggunakan id rakko
tools tidak dapat dilakukan
Faktor
penyebab kasus 3
Pada pelaksanaan praktik
kegiatan mengajar ke-3 secara luring, faktor penyebab yang terjadi antar lain:
1. Terjadinya hujan deras yang
menagkibatkan suara guru dan siswa kurang terdengan dengan jelas sehingga
komunikasi dengan siswa agak terhambat
c. Deskripsi
Alternatif Solusi/Tindakan
Solusi/Tindakan
kasus 1
Pada pelaksanaan praktik
kegiatan mengajar ke-1 secara daring, alternatif solusi/tindakan kasus I yang
terjadi antar lain:
1. Dikarenakan peserta didik tidak dapat menampilkan
hasil pekerjaan LKPD melalui layar proyektor, saat presentasi peserta didik
langsung presentasikan dari LKPD nya secara langsung dengan kertas
2. Pembelajaran tetap selesai dalam waktu 70 menit tidak
sesuai dengan seharusnya 80 menit, untuk selanjutnya harus lebih baik dalam
melakukan manajemen waktu agar sesuai denghan alokasi yang tersedia
Solusi/Tindakan
kasus 2
Pada pelaksanaan praktik
kegiatan mengajar ke-1 secara daring, alternatif solusi/tindakan kasus I yang
terjadi antar lain:
1. Dikarenakan dalam pembagian kelompok tidak dapat
dilakuakn pengacakan menggunakan id.rakko.tools secara online, maka menggunkana
kelompok pada pertemuan sebelumnya untuk melakukan diskusi
Solusi/Tindakan
kasus 3
Pada pelaksanaan praktik
kegiatan mengajar ke-1 secara daring, alternatif solusi/tindakan kasus I yang
terjadi antar lain:
2.
Dikarenakan hujan
deras yang mengakibatkan suara guru dan siswa kurang jelas, maka saat
pembelajaran lbeih dekat saat komunikasi dengan siswa.
a.
Uraian Hasil yang Didapatkan dari Tindakan
Hasil
tindakan 1
Dari permasalahan
yang terjadi pada praktik kegiatan mengajar ke-1 yaitu saat terjadinya pemadaman
listrik yang mengaktibatkan proses presentasi kelompok peserta didik tidak
dapat dilakukan menggunakan layar proyektor dan digantikan dengan presentasi
langsung dengan membacakan LKPD di depan kelas membuat presentasi tetap dapat
dilakukan dengan baik walaupun kurang maksimal karena tidak dapat menampilkan
visualsasi di depan kelas
Hasil
tindakan 2
Dari permasalahan
yang terjadi pada praktik kegiatan mengajar ke-2, yaitu terjadinya gangguna jaringan
internet yangf mengakibatkan terputusnya koneksi google meet dan dalam
pembelajaran terjadinya gangguan tidak dapat mengakses id.rakko.tools untuk membagi
kelompok secara acak, dengan mengambil tindfakan untuk menggunakan kembali
kelompok pada pertemuan sebelumnya membuat pembelajaran dan diskusi kelompok
tetap berjalan dengan baik.
Hasil
tindakan 3
Dari permasalahan
yang terjadi pada praktik kegiatan mengajar ke-3 yaitu secara umum pembelajaran
berjalan dengan baik hujan yang turun dengan lebat mengakibatkan suara guru dan
siswa kurang terdengan dengan jelas saat proses pembelajaram. Untuk mengatasi
hal tersebut sebagai guru saya lebih mengeraskan suara dan leih mendekat kepada
siswa saat berkomunikasi, hasilnya pembelajaran tetap berjalan dengan baik komunikasi
tetap berjalan dengan lancar.
b. Simpulan
Setalah
melalui rankaian praktek pembelajaran ke 1 hingga ke 3 mahasiswa merasakan ada
peningkatan dan perubahan kualitas dalam pelaksanaan pembelajaran, dapat
dilihat dari progress pembelajaran dan menindaklanjuti kendala-kendala yang ada
dengan baik agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik.
c. Saran
Saran untuk
perbaikan praktik mengajar bagi guru adalah sebagai berikut:
1.
Selama proses pembelajaran di masa pandemi secara luring guru harus menerapkan protokol
kesehatan dalam pembelajaran
2.
Selalu melakukan kegiatan refleksi
pembelajaran untuk perbaikan proses pembelajaran selanjutnya
3.
Selalu memanfaatkan perkembangan
teknologi dalam proses pembelajaran untuk memperlancar proses pembelajaran
4.
Selalu sigap dan cepat dalam
mengambil keputusan ketika terjadinya masalah yang menagkibatkan rencana
pembelajaran tidak berjalan dengan baik.
Terimakasih banyak
BalasHapussangat membantu sekali
Terimakasih sekali sangat membantu sekali 👍🙏
BalasHapusTerimakasih sdh membantu
BalasHapusTerimakasih sangat membantu
BalasHapusTerimakasih..
BalasHapus