Koneksi Antar Materi Modul 3.3

Koneksi Antar Materi Modul 3.3

Pemikiran reflektif terkait pengalaman belajar

Dalam mempelajari materi modul 3.3 ini tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid, menambah pengalaman baru sebagai seorang guru dalam menyusun program yang ada disekolah, dalam mempelajari materi ini menyadarkan saya dalam menyusun program di sekolah harus melibatkan murid dari awal pelaksanaan sampai berakhirnya program karena selama ini siswa hanya sebagai objek, bukan sebagai subjek kegiatan.


Dalam menjalankan proses pembelajaran dan mengikuti kegiatan di sekolah selama ini siswa masih pasif dalam mengikuti kegiatan dikarenakan tidak diberikan ruang bebas untuk berpendapat dan mengekspresikan dirinya.


Dalam menjalan program yang melibatkan murid tentunya perlu kerja sama yang baik dari semua stakeholder sekolah dari kepala sekolah, guru, murid, orang tua dan masyarakat.


Analisis untuk implementasi dalam konteks CGP

Sebagai Calon Guru Penggerak, tentunya keterampilan untuk mengelola program yang berdampak pada murid sangat diperlukan guna untuk dapat mewujudkan murid yang dapat positif. Bagaimana langkah efektif yang dapat dilaksanakan untuk membuat program yang berdampak positif kepada murid?

Dalam menyusun program yang berdampak pada murid, tentunya perlu kerja sama dari semua stakeholder sekolah. Program yang akan dibuat harus direncanakan dengan sebaik mungkin dengan menggunakan analisis BAGJA:

  1. Buat Pertanyaan

  2. Ambil Pelajaran

  3. Gali Mimpi

  4. Jabarkan Rencana

  5. Atur Eksekusi

Dalam menjalankan program tentunya akan banyak tantangan, dari belum terbiasanya anggota sekolah untuk berkolaborasi dan tidak melibatkan murid dalam penyusunan program sekolah selama ini, dalam mengatasi hal tersebut harus dimulai untuk membiasakan berkolaboras dan melibatkan murid dalam penyusunan program disekolah.


Membuat keterhubungan

Selama ini dalam penyusunan program masih belum tersusun secara sistematis sehingga kadang program tidak berjalan dengan baik, dan murid tidak dilibatkan secara langsung dalam penyusunan program hanya sebagai objek pelaksanaan program saja.

Dalam penyusunan program yang berdampak positif bagi murid, tentunya kedepan murid harus dilibatkan langsung dalam penyusunan program dengan mempertimbangkan:

  1. Suara murid

  2. Pilihan murid

  3. Kepemilikan murid