Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1

 Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1

Facts/Peristiwa

Kegiatan Modul 3.1 dimulai dengan Pre Test yang dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2023. Setelah menyelesaikan Pre Test, kegiatan dilanjutkan dengan mengikuti alur MERDEKA. Alur ini terbagi menjadi beberapa tahapan.

Pertama, dalam alur MERDEKA terdapat kegiatan eksplorasi diri yang dilaksanakan bersamaan dengan Pre Test pada tanggal 31 Maret 2023. Pada tahap ini, saya menjawab pertanyaan pemantik yang berkaitan dengan kutipan dari Bapak Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi mengenai beban dan amanah kepemimpinan.

Selanjutnya, dalam alur eksplorasi konsep terdapat dua kegiatan. Kegiatan pertama adalah eksplorasi konsep secara mandiri melalui membaca, memberikan komentar, menjawab pertanyaan, dan menganalisis kasus yang berkaitan dengan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Kegiatan kedua adalah diskusi dengan memilih salah satu dari 4 kasus yang tersedia yang berkaitan dengan dilema etika dan bujukan moral. Saya juga memberikan komentar terhadap analisis yang dilakukan oleh rekan CGP lainnya.

Kemudian, terdapat alur ruang kolaborasi pertama. Pada tahap ini, saya memperoleh pemahaman dan pengetahuan tentang pengambilan keputusan dari seorang fasilitator. Bersama dengan rekan CGP lainnya, kami menganalisis sebuah kasus dilema etika yang pernah saya alami dan menyusun hasil analisis untuk dipresentasikan pada pertemuan selanjutnya.

Selanjutnya, kegiatan berlanjut pada ruang kolaborasi kedua, di mana saya dan rekan-rekan saya mempresentasikan hasil diskusi kami. Tugas saya adalah menjawab pertanyaan dan memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi kontekstual. Pada tahap ini, saya membuat wawancara dengan 2-3 kepala sekolah mengenai pengambilan keputusan. Hasil wawancara tersebut saya analisis dan buat laporan.

Tahapan selanjutnya adalah tahapan Elaborasi Pemahaman, di mana saya mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang pengambilan keputusan yang dibimbing oleh instruktur.

Kemudian, ada kegiatan koneksi antar materi, di mana saya membuat hubungan antara materi yang telah dipelajari mulai dari modul 1 hingga modul 3.1 dengan menjawab 14 pertanyaan.

Kegiatan terakhir adalah aksi nyata, di mana saya merancang sebuah tindakan nyata dalam modul 3.1 ini. Aksi nyata tersebut meliputi melakukan diseminasi informasi dan membantu menyelesaikan masalah dengan mengambil keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, serta 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.

2. Feelings/Perasaan

Perasaan saya ketika mempelajari modul 3.1 ini adalah saya merasa senang, tertantang, dan penasaran. Saya merasa senang karena mendapatkan ilmu dan pengalaman dalam menganalisis sebuah kasus serta membuat keputusan pada permasalahan yang dihadapi. Saya merasa penasaran karena biasanya saya membuat keputusan tanpa melaksanakan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Saya juga merasa tertantang untuk melakukan praktik baik mengenai modul 3.1 ini.

3. Findings/Pembelajaran

 Hal yang bermanfaat yang saya dapatkan pada modul ini adalah mengenai 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Pembelajaran yang saya dapatkan bahwa dalam pengambilan keputusan harus didasarkan pada nilai-nilai kebajikan, membawa dampak positif, dan harus menganalisis terlebih dahulu masalah tersebut masuk ke dalam dilema etika atau bujukan moral.

 4. Future/Penerapan

Penerapan di masa mendatang, sebagai pemimpin pembelajaran saya akan melaksanakan kegiatan diseminasi mengenai modul ini di sekolah kepada kepala sekolah beserta dewan guru. Kemudian saya akan mencoba membuat keputusan dalam sebuah permasalahan dengan menggunakan 9 langkah dan berdasarkan paradigma serta prinsip pengambilan keputusan.