Contoh pengisian Form Reviu Perangkat Pembelajaran oleh rekan sejawat
Reviu Perangkat Pembelajaran
Dalam kegiatan pelaksanaan PPG 2021 setelah melakukan kegiatan perancangan pembelajaran dan sudah melakukan peer teaching agenda selanjutnya adalah reviuw dan rencana tindak lanjut. dalam kegiatan review pembelajaran yang dilaksanakan 1 hari kegiatan pertma kita diminta untuk mereview kegiatan perancangan pembelajaran dan peer teaching dengan mengisi 3.d.2. Refleksi Kegiatan Perancangan Pembelajaran
Selanjutnya kita diminta untuk mengisi kegiatan 3.d.3 Refleksi Pembelajaran. dalam kegiatan refleksi pembelajaran ini kita diminta untuk mengupload perangkat pembelajaran dan diminta 3 rekan untuk memberi review dalam format Form Reviu Perangkat Pembelajaran oleh rekan sejawat.
Form Reviu Perangkat Pembelajaran oleh rekan sejawat
dalam mengisi Form Reviu Perangkat Pembelajaran oleh rekan sejawat dari perangkat pembelajaran rekan mahasiswa yang telah diuplado terdapat beberapa pertanyaan yaitu:
- Kejelasan tujuan pembelajaran dan IPK
- Kesesuaian materi ajar (bahan ajar) dengan tujuan pembelajaran
- Kesesuaian media yang digunakan dalam pembelajaran
- Ada unsur dalam media pembelajaran yang mampu memberikan kejelasan informasi yang menarik dan menyenangkan
- Ada materi pembelajaran yang masih miskonsepsi
- Ada pokok-pokok materi ajar tertuang lengkap dalam bahan ajar serta memuat unsur kekinian
- Kesesuaian pendekatan dan model pembelajaran (pendekatan saintifik dan model-model pembelajaran yang diterapkan)
- Memiliki unsur yang dapat mengintegrasikan kemampuan critical thinking, creative thinking, reflective thinking dan decision making ke dalam kegiatan belajar melalui inquiry based activities
- Rencana pelaksanaan pembelajaran sudah berbasis HOTS
- Memiliki kejelasan pembelajaran yang mendidik dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) berbasis platform revolusi industri 4.0
- Ada evaluasi yang memuat penilaian berbasis HOTS
- Kejelasan prosedur penilaian
- Kesesuaian teknik penilaian dengan bentuk asesmen (sikap, pengetahuan, dan keterampilan)
- LKPD sudah mampu mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
- Ada langkah-langkah kerja dalam LKPD yang terukur
Contoh pengisian Form Reviu Perangkat Pembelajaran oleh rekan sejawat
No |
Aspek |
Jenis Perangkat |
Respon |
Catatan |
---|---|---|---|---|
1 | Kejelasan tujuan pembelajaran dan IPK |
RPP |
Tujuan pembelajaran dan IPK sudah dideskripsikan dengan jelas. |
Tujuan pembelajaran dan IPK sudah dideskripsikan dengan jelas. |
2 | Kesesuaian materi ajar (bahan ajar) dengan tujuan pembelajaran |
Bhn ajar-RPP |
Terdapat perbedaan antara tujuan pembelajaran yang tertulis di RPP dan materi ajar. |
Lebih baik disamakan saja antara tujuan pembelajaran di RPP dan di materi ajar |
3 | Kesesuaian media yang digunakan dalam pembelajaran |
Media |
Media yang digunakan sudah tepat sesuai dengan materi pembelajaran |
Media yang digunakan sudah tepat sesuai dengan materi pembelajaran |
4 | Ada unsur dalam media pembelajaran yang mampu memberikan kejelasan informasi yang menarik dan menyenangkan |
Media |
Media pembelajaran sudah dibuat dengan jelas, baik dan menarik. |
Media pembelajaran sudah dibuat dengan jelas, baik dan menarik. |
5 | Ada materi pembelajaran yang masih miskonsepsi |
Bahan ajar |
Seluruh materi ajar tidak ada yang miskonsepsi. |
Seluruh materi ajar tidak ada yang miskonsepsi. |
6 | Ada pokok-pokok materi ajar tertuang lengkap dalam bahan ajar serta memuat unsur kekinian |
Bahan ajar |
Sudah terdapat unsur kekinian dalam pokok-pokok materi ajar dan sudah tertuang dengan lengkap. |
Sudah terdapat unsur kekinian dalam pokok-pokok materi ajar dan sudah tertuang dengan lengkap. |
7 | Kesesuaian pendekatan dan model pembelajaran (pendekatan saintifik dan model-model pembelajaran yang diterapkan) |
RPP |
Kesesuaian pendekatan dan model pembelajaran (pendekatan saintifik dan model-model pembelajaran yang diterapkan) sudah baik. |
Kesesuaian pendekatan dan model pembelajaran (pendekatan saintifik dan model-model pembelajaran yang diterapkan) sudah baik. |
8 | Memiliki unsur yang dapat mengintegrasikan kemampuan critical thinking, creative thinking, reflective thinking dan decision making ke dalam kegiatan belajar melalui inquiry based activities |
RPP |
Sudah memiliki unsur yang dapat mengintegrasikan kemampuan critical thinking, creative thinking, reflective thinking dan decision making ke dalam kegiatan belajar melalui inquiry based activities |
Sudah memiliki unsur yang dapat mengintegrasikan kemampuan critical thinking, creative thinking, reflective thinking dan decision making ke dalam kegiatan belajar melalui inquiry based activities |
9 | Rencana pelaksanaan pembelajaran sudah berbasis HOTS |
RPP |
Kegiatan pembelajaran pada RPP yang dibuat sudah memuat pembelajaran berbasis HOTS |
Kegiatan pembelajaran pada RPP yang dibuat sudah memuat pembelajaran berbasis HOTS |
10 | Memiliki kejelasan pembelajaran yang mendidik dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) berbasis platform revolusi industri 4.0 |
RPP |
Pelaksanaan pembelajaran pada RPP yang dibuat sudah berbasis pendekatan TPACK yaitu penggunaan video pembelajaran. |
Pelaksanaan pembelajaran pada RPP yang dibuat sudah berbasis pendekatan TPACK yaitu penggunaan video pembelajaran. |
11 | Ada evaluasi yang memuat penilaian berbasis HOTS |
Evaluasi |
evaluasi yang memuat penilaian berbasis HOTS sudah dibuat dengan baik |
evaluasi yang memuat penilaian berbasis HOTS sudah dibuat dengan baik |
12 | Kejelasan prosedur penilaian |
Evaluasi |
Prosedur penilaian sudah baik dan menyeluruh, baik penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan |
Prosedur penilaian sudah baik dan menyeluruh, baik penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan |
13 | Kesesuaian teknik penilaian dengan bentuk asesmen (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) |
Evaluasi |
teknik penilaian dengan bentuk asesmen (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) sudah sesuai |
teknik penilaian dengan bentuk asesmen (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) sudah sesuai |
14 | LKPD sudah mampu mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran |
LKPD-RPP |
LKPD sudah dinilai mampu untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran |
LKPD sudah dinilai mampu untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran |
15 | Ada langkah-langkah kerja dalam LKPD yang terukur |
LKPD |
Sudah terdapat langkah-langkah kerja dalam LKPD yang dibuat |
Sudah terdapat langkah-langkah kerja dalam LKPD yang dibuat |
Tidak ada komentar untuk "Contoh pengisian Form Reviu Perangkat Pembelajaran oleh rekan sejawat"
Posting Komentar