Contoh pengisian Form Reviu Perangkat Pembelajaran oleh rekan sejawat

Reviu Perangkat Pembelajaran

Dalam kegiatan pelaksanaan PPG 2021 setelah melakukan kegiatan perancangan pembelajaran dan sudah melakukan peer teaching agenda selanjutnya adalah reviuw dan rencana tindak lanjut. dalam kegiatan review pembelajaran yang dilaksanakan 1 hari kegiatan pertma kita diminta untuk mereview kegiatan perancangan pembelajaran dan peer teaching dengan mengisi 3.d.2. Refleksi Kegiatan Perancangan Pembelajaran

Selanjutnya kita diminta untuk mengisi kegiatan 3.d.3 Refleksi Pembelajaran. dalam kegiatan refleksi pembelajaran  ini kita diminta untuk mengupload perangkat pembelajaran dan diminta 3 rekan untuk memberi review dalam format Form Reviu Perangkat Pembelajaran oleh rekan sejawat.

Form Reviu Perangkat Pembelajaran oleh rekan sejawat

dalam mengisi Form Reviu Perangkat Pembelajaran oleh rekan sejawat dari perangkat pembelajaran rekan mahasiswa yang telah diuplado terdapat beberapa pertanyaan yaitu:

  1. Kejelasan tujuan pembelajaran dan IPK
  2. Kesesuaian materi ajar (bahan ajar) dengan tujuan pembelajaran
  3. Kesesuaian media yang digunakan dalam pembelajaran
  4. Ada unsur dalam media pembelajaran yang mampu memberikan kejelasan informasi yang menarik dan menyenangkan
  5. Ada materi pembelajaran yang masih miskonsepsi
  6. Ada pokok-pokok materi ajar tertuang lengkap dalam bahan ajar serta memuat unsur kekinian
  7. Kesesuaian pendekatan dan model pembelajaran (pendekatan saintifik dan model-model pembelajaran yang diterapkan)
  8. Memiliki unsur yang dapat mengintegrasikan kemampuan critical thinking, creative thinking, reflective thinking dan decision making ke dalam kegiatan belajar melalui inquiry based activities
  9. Rencana pelaksanaan pembelajaran sudah berbasis HOTS
  10. Memiliki kejelasan pembelajaran yang mendidik dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) berbasis platform revolusi industri 4.0
  11. Ada evaluasi yang memuat penilaian berbasis HOTS
  12. Kejelasan prosedur penilaian
  13. Kesesuaian teknik penilaian dengan bentuk asesmen (sikap, pengetahuan, dan keterampilan)
  14. LKPD sudah mampu mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
  15. Ada langkah-langkah kerja dalam LKPD  yang terukur
dari pertanyaan tersebut akan diminta untuk dinilai dalam bentuk respon dan catatan

Contoh pengisian Form Reviu Perangkat Pembelajaran oleh rekan sejawat

dalam postingan ini akan saya bagikan Contoh pengisian Form Reviu Perangkat Pembelajaran oleh rekan sejawat, ini hanya contoh silahkan disesuaikan dengan kondisi perangkat yang sedang kita review.

    
No    
    
Aspek    
    
Jenis    Perangkat    
    
Respon    
    
Catatan    
1    
Kejelasan tujuan   pembelajaran dan IPK   
   
RPP   
   
Tujuan   pembelajaran dan IPK sudah dideskripsikan dengan jelas.   
   
Tujuan   pembelajaran dan IPK sudah dideskripsikan dengan jelas.   
2    
Kesesuaian materi ajar   (bahan ajar) dengan tujuan pembelajaran   
   
Bhn ajar-RPP   
   
Terdapat   perbedaan antara tujuan pembelajaran yang tertulis di RPP dan materi ajar.   
   
Lebih baik   disamakan saja antara tujuan pembelajaran di RPP dan di materi ajar   
3    
Kesesuaian media yang   digunakan dalam pembelajaran   
   
Media   
   
Media yang   digunakan sudah tepat sesuai dengan materi pembelajaran   
   
Media yang   digunakan sudah tepat sesuai dengan materi pembelajaran   
4    
Ada unsur dalam media pembelajaran yang mampu memberikan kejelasan   informasi yang menarik dan menyenangkan   
   
Media   
   
Media   pembelajaran sudah dibuat dengan jelas, baik dan menarik.   
   
Media   pembelajaran sudah dibuat dengan jelas, baik dan menarik.   
5    
Ada materi pembelajaran yang   masih miskonsepsi   
   
Bahan   ajar   
   
Seluruh materi   ajar tidak ada yang miskonsepsi.   
   
Seluruh materi   ajar tidak ada yang miskonsepsi.   
6    
Ada pokok-pokok materi ajar tertuang lengkap dalam bahan ajar serta   memuat unsur kekinian   
   
Bahan   ajar   
   
Sudah terdapat   unsur kekinian dalam pokok-pokok materi ajar dan sudah tertuang dengan   lengkap.   
   
Sudah terdapat   unsur kekinian dalam pokok-pokok materi ajar dan sudah tertuang dengan   lengkap.   
7    
Kesesuaian pendekatan dan   model pembelajaran (pendekatan saintifik dan model-model pembelajaran yang   diterapkan)    
   
RPP   
   
Kesesuaian   pendekatan dan model pembelajaran (pendekatan saintifik dan model-model   pembelajaran yang diterapkan) sudah baik.   
   
Kesesuaian   pendekatan dan model pembelajaran (pendekatan saintifik dan model-model   pembelajaran yang diterapkan) sudah baik.   
8    
Memiliki unsur yang dapat   mengintegrasikan kemampuan critical thinking, creative thinking,   reflective thinking dan decision making ke dalam kegiatan belajar   melalui inquiry based activities   
   
RPP   
   
Sudah memiliki   unsur yang dapat mengintegrasikan kemampuan critical thinking,   creative thinking, reflective thinking dan decision   making ke dalam kegiatan belajar melalui inquiry   based activities   
   
Sudah memiliki   unsur yang dapat mengintegrasikan kemampuan critical thinking,   creative thinking, reflective thinking dan decision   making ke dalam kegiatan belajar melalui inquiry   based activities   
9    
Rencana pelaksanaan pembelajaran sudah berbasis HOTS   
   
RPP   
   
Kegiatan   pembelajaran pada RPP yang dibuat sudah memuat pembelajaran berbasis HOTS   
   
Kegiatan   pembelajaran pada RPP yang dibuat sudah memuat pembelajaran berbasis HOTS   
10    
Memiliki kejelasan pembelajaran yang   mendidik dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge   (TPACK) berbasis platform revolusi industri 4.0   
   
RPP   
   
Pelaksanaan   pembelajaran pada RPP yang dibuat sudah berbasis pendekatan TPACK yaitu   penggunaan video pembelajaran.   
   
Pelaksanaan   pembelajaran pada RPP yang dibuat sudah berbasis pendekatan TPACK yaitu   penggunaan video pembelajaran.   
11    
Ada evaluasi yang memuat penilaian berbasis HOTS   
   
Evaluasi   
   
evaluasi yang   memuat penilaian berbasis HOTS sudah dibuat dengan baik   
   
evaluasi yang   memuat penilaian berbasis HOTS sudah dibuat dengan baik   
12    
Kejelasan prosedur penilaian   
   
Evaluasi   
   
Prosedur   penilaian sudah baik dan menyeluruh, baik penilaian sikap, pengetahuan dan   keterampilan   
   
Prosedur   penilaian sudah baik dan menyeluruh, baik penilaian sikap, pengetahuan dan   keterampilan   
13    
Kesesuaian teknik penilaian dengan bentuk asesmen   (sikap, pengetahuan, dan keterampilan)   
   
Evaluasi   
   
teknik penilaian   dengan bentuk asesmen (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) sudah sesuai   
   
teknik penilaian   dengan bentuk asesmen (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) sudah sesuai   
14    
LKPD sudah mampu mengukur ketercapaian tujuan   pembelajaran   
   
LKPD-RPP   
   
LKPD sudah   dinilai mampu untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran   
   
LKPD sudah   dinilai mampu untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran   
15    
Ada langkah-langkah kerja dalam LKPD yang terukur   
   
LKPD   
   
Sudah terdapat   langkah-langkah kerja dalam LKPD yang dibuat   
   
Sudah terdapat   langkah-langkah kerja dalam LKPD yang dibuat   

Tidak ada komentar untuk "Contoh pengisian Form Reviu Perangkat Pembelajaran oleh rekan sejawat"