Rangkuman Tugas Pembatik Level 4 Tahun 2020

Latar Belakang

Pembelajaran Berbasis TIK (PEMBATIK) merupakan program peningkatan TIK yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK guru UNESCO. PEMBATIK menerapkan standar kompetensi TIK yang terdiri dari 4 level yaitu level literasi, implementasi, kreasi dan berbagi.



Kompetensi TIK guru sangat diperlukan dalam melaksanakan pembelajaran terutama dalam melakukan inovasi dalam pembelajaran agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan tercapaianya tujuan pembelajaran baik dalam melaksanakan pembelajaran daring secara tatap maya maupun tatap muka.

Sebagai peserta PEMBATIK yang sudah berada di level 4, tentunya dengan berakhirnya batas waktu yang telah ditetapkan telah menyelesaikan tugas yang diberikan yaitu menyelesaiak modul belajar, membuat blog, membuat vlog dan melaksanakan sosialisasi Portal Rumah Belajar. Berdasarkan hal tersebut berikut adalah rangkuman kegiatan penyelesaian tugas pembatik level 4.

Blog

Blog ini merupakan yang saya gunakan untuk membagikan seluruh kegiatan Pembatik Level 4 dan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan rumah belajar. blog ini memliki url : http://nanangsriyadi.online. beberapa artikel inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan portal rumah belajar yaitu sebagai berikut:

Nomor Judul
1 Inovasi Pembelajaran Menggunakan Portal Rumah Belajar dan Google Sites
2 Membuat Grafik Fungsi Kuadrat dengan Laboratorium Maya Rumah Belajar
3 Persamaan kuadrat dengan Laboratorium Maya Rumah Belajar: Pembelajaran Daring Kelas 9

Vlog

Vlog merupakan salah satu tugas yang telah saya selesaiakan. vlog ini berisi penjelasan tentang Fitur Portal Rumah Belajar dan inovasi pembelajaran tentang integrasi portal rumah belajar dan google sites dalam pembelajaran matematika.

Nomor Vlog
1 Vlog PEMBATIK Level 4 Integrasi Portal Rumah Belajar dan Google Sites Dalam Pembelajaran

Sosialisasi

Sosialisasi pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran telah saya lakukan secara tatap muka dan tatap maya kepada guru-guru dengan rincian pelaksanaan sebagai berikut

No Kegiatan Tempat Waktu Peserta Link
1 Tatap muka SMP Negeri 48 Muaro Jambi 09 Oktober 2020 10 guru Link
2 Tatap muka SMP Negeri 25 Muaro Jambi 10 Oktober 2020 12 guru Link
3 Tatap Maya Zoom Meeting Cloud dan Live Streaming Youtube 15 Oktober 2020 315 guru Link
4 Tatap Maya Zoom Meeting Cloud MGMP Matematika Muaro Jambi 17 Oktober 2020 71 guru Link

Demikian ringkasan kegiatan penyelesaian Tugas Pembatik Level 4 tahun 2020.