1.2.a.8 Koneksi Antar Materi - Modul 1.2

1.2.a.8 Koneksi Antar Materi - Modul 1.2

Nama : Nanang Sriyadi, S.Pd., Gr.

CGP Angkatan 7 Muaro Jambi


REFLEKSI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN 4 P

1. PERISTIWA

Setelah mempelajarai modul 1.1 saya merasa mendapat pencerahan sekaligus shock terapai atas apa yang sudah saya lakukan selama ini, hal tersebut adalah ketika saya mempelajari dan memahami tentang filosofi dan pemikiran KHD, bahwa yang harus guru adalah menuntun kodrat yang ada pada anak, sehingga mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Sedangkan pada modul 1.2, untuk mewujudkan pembelajaran sesuai dengan filosofi Kihajar Dewantara guru harus memiliki nilai guru penggerak yaitu : Berpihak kepada murid, mandiri, inovatif, kolaboratif dan reflektif.

Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2

Modul 1.1 dan modul 1.2 memiliki kaitan yang kuat dengan adanya nilai yang tertanam di guru penggerak dan melakukan perannya maka guru penggerak akan dapat menjalankan pembelajaran yang berhamba kepada murid sesuai dengan filosofi Kihajar Dewantara.

 

2. PERASAAN

Saat mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2, Saya merasa bahwa pemblajaran yang saya lakukan selama ini masih setengah-setengah dalam menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada siswa, masih banyak hal yang harus saya perbaiki dalam proses pembelajaran dan menjalankan tugas di sekolah.

 

3. PEMBELAJARAN

Banyak hal yang harus saya perbaiki dalam menjalankan tugas guru. Diantaranya adalah melaksanakan tugas guru sebagai penuntun yang memahami bahwa setiap anak memiliki kodrat dan perkembangan  yang berbeda. Dalam proses menuntun ini saya harus menerapkan nilai dan peran guru penggerak, agar tercapai profil pelajar pancasila.

 

4. PENERAPAN 

Setelah memahami materi tentang peran dan guru penggerak saya akan menerapkan nilai-nilai guru penggerak dalam menjalankan tugas dalam lingkungan sekolah.

Berpihak Kepada Murid

Sebagai seorang pendidik yang memiliki peran sebagai Among Belajar. saya lebih berperan sebagai fasilitator dalam belajar murid-murid saya. Saya akan memberikan pembelajaran yang berpusat pada murid, mengutamakan kepentingan perkembangan murid. membantu para murid untuk mandiri dalam belajar, dan mengutamakan keberpihakan murid.

Inovatif

Sebagai pemimpin pembelajaran, saya akan selalu berinovasi dalam dunia pendidikan dengan mengikuti tuntutan zaman. Nilai inovatif yang saya miliki diharapkan dapat meningkatkan minat siswa, meningkatkan mutu pembelajaran, mengembangkan serta dapat memperbaiki ilmu pengetahuan, pembelajaran sebelumnya ke arah yang lebih baik.

Mandiri

Sebagai seorang guru yang memiliki kemauan dan motivasi diri yang kuat, saya akan selalu melakukan perubahan dan memulai sesuatu dengan keinginan sendiri dan secara mandiri. Nilai kemandirian ini merupakan cerminan sikap tanggung jawab sebagai seorang pendidik yang harus mampu memberikan teladan bagi anak didiknya

Kolaboratif

Sebagai seorang guru yang harus memiliki kompetensi sosial, saya akan selalu membangun hubungan kerja yang positif dengan semua pihak demi pengembangan proses pembelajaran. Nilai kolaboratif akan saya kembangkan dengan merangkul dan menjalin komunikasi yang baik dengan murid, rekan sejawat, komite sekolah, wali murid, maupun komunitas praktisi di lingkunan saya

Refleksi

Sebagai seorang pembelajar, sudah sepantasnya saya memiliki pola pikir yang terbuka dan selalu melakukan evaluasi diri terhadap apa yang sudah saya capai, baik kelebihan maupun kekurangan. Nilai reflektif yang saya miliki bertujuan agar saya mampu melakukan perbaikan pada masa yang akan datang serta mengevaluasi terhadap apa yang sudah baik dan perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan.