#4 Sosialisasi Portal Rumah Belajar dan Pembayaran Video Pembelajaran dengan kinemaster di MGMP Matematika Muaro Jambi

Setalah berhasil melaksanakan sosialisasi pemanfaatan portal rumah belajar secara tatap muka di SMP Negeri 48 Muaro Jambi dan SMP Negeri 25 Muaro Jambi serta tatap maya dengan menggunakan zoom meeting dan live streaming Youtube, kegiataan sosialisasi dilanjutkan dengan tatap mata sebagai agenda ke empat.

SRB Jambi, Nanang Sriyadi, S.Pd dalam kegiatan tatap maya MGMP Matematika Kabupaten Muaro Jambi

MGMP MATEMATIKA SUNGAI BAHAR

Bertepatan dengan jadwal kegiatan MGMP matematika sungai bahar yang dilaksanakan secara rutin 1 kali setiap 2 minggu atau 1 bukan secara tatap maya selama pandemi ini, maka ini menjadi momen untuk memperkenalkan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran Matematika.

MGMP Matematika Sungai Bahar merupakan salah satu rayon MGMP Matematika di kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. MGMP Matematika Rayon Sungai bahar beranggotakan guru Matematika dari Sekolah Menengah Pertama yang terletak di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Sungai Bahar, Kecamatan, Bahar Selatan dan Kecamatan Bahar Utara.

Bertepatan dengan kegiatan MGMP tersebut, sebagai SRB dalam kegiatan tersebut saya Nanang Sriyadi, S.Pd dan Sahniar, S.Pd yang juga merupakan Sahabat Rumah Belajar (SRB) provinsi jambi perlu melakukan koordinasi dengan ketua MGMP Ibu Mastiarma Elsionora, S.Pd dan pengawas mata pelajaran matematika Bapak Sukamdi, S.Pd., M.Pd, untuk dapat meminta tempat dan waktu untuk melakukan sosialisasi pemanfaatan portal rumah belajar. 

Berdasarkan hasil koordinasi tersebut disepakati bahwa kegiatan akan berlangsung  dan untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan tatap maya makan perlu diadakan beberapa persiapan. 

Persiapan pelaksanaan MGMP Matematika Muaro Jambi

Dalam melaksanakan kegiatan MGMP secara tatap maya, dengan berkoordinasi dengan pengurus dan pengawas makan di tetapkan beberapa hal sebagai berikut:

Waktu pelaksanaan

Kegiatan MGMP dengan tatap maya dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020 mulai pukul 08.30 WIB - 10.30 WIB dengan mengundang seluruh rayon MGMP Matematika se Kabupaten Muaro Jambi yaitu Rayon Jambi Luar Kota, Rayon Mestong dan Rayon Sungai gelam.

Materi

Berdasarkan koordinasi dengan ketua MGMP Matematika dan Pengawas Matematika Kabupaten Muaro Jambi, di tetaokan materi yang akan disampaikan pada kegiatan tatap maya yaitu pertama Pengenalan Fitur Portal Rumah Belajar oleh SRB Jambi Sahniar yang akan menjelaskan fitur utama Portal Rumah Belajar Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Bank Soal dan fitur pendukung Rumah Belajar.

Untuk materi Kelas Maya akan disampaikan oleh saya  SRB Jambi Nanang Sriyadi, S.Pd ditambah dengan materi Pembuatan Video Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kinemaster di handphone.

Platform yang digunakan

Untuk memfasilitasi kegiatan secara tatap maya tersebut tentunya diperlukan seuah platform video konferensi yang memiliki fitur waktu yang tidak terbatas agar kegiatan dapat berjalan dengan baik. Untuk memenuhi hal tersebut MGMP Matematika Sungai Bahar berkoordinasi dengan pengurus PGRI Kabupaten Muaro Jambi untuk memfasilitasi dengan aplikasi Zoom Meeting Cloud milik PGRI.

Pembuatan Flyer kegiatan

Selain undangan resmi yang dilayangkan kepada guru matematika dan MGMP se kabupaten muaro jambi, sebagai bentuk kreatifiktas dan efektifitas dibutlah flyer kegiatan dan virual background yang menarik yang memuat keterangan dari kegiatan yang akan dilaksanakan serta memudahkan dalam melaksanakan sosilaisasi.

Flyer kegiatan MGMP Matematiak Kaupaten Muaro Jambi


Virtual Background MGMP Matematika


Pelaksanaan keiatan MGMP Matematika se Kabupaten Muaro Jambi

Tiba saatnya hari Sabtu, 17 Oktober 2020, mulai pukul 08.00 WIB room telah dibuka oleh admin Zoom Meeting Cloud milik PGRI Kabupaten Muaro Jambi, sebagai pemateri saya Nanang Sriyadi, S.Pd dan rekan SRB Sahniar S.Pd, ikut bergabung lebih awal untuk melakukan persiapan sekaligus menunggu peserta lain untuk dapat bergabung.

Sambutan Ketua MGMP Matematiak Sungai Bahar

Sampai pukul 08.30 peserta sudah lengkap bergabung dan skegiatan MGMP Matematika secara tatap maya siap untuk dilaksanakan dengan dimulai oleh moderator Ibu Siti Suharikha, S.Pd. Sambuatan pertama disampaikan oleh ketua MGMP matematika Sungai Bahar Ibu, Mastiarma Elsionora, S.Pd dan dilanjutkan sambutan oleh pengawas Matetika Kabupaten Muaro Jambi.

Sambutan pengawas matematika, Bapak Sukamdi, S.Pd, M.Pd


Materi Portal Rumah Belajar

Materi pertama disampaiakn oleh rekan SRB Jambi, Sahniar S.Pd yang menjelaskan tentang fitur utama Portal Rumah Belajar Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Bank Soal dan fitur pendukung Rumah Belajar dengan melakukan share screen power point dan website Rumah Belajar. Penjelsan dilakukan dengan langsung meakukan praktik menggunakan fitur-fitur yang ada di portal Rumah Belajar.

Materi Portal Rumah Belajar oleh Sahniar, S.Pd

Selanjutnya materi disampaiakn oleh saya SRB Jambi Nanang Sriyadi,S.Pd dimulai dengan penjelasan fitur utama Portal Rumah Belajar yaitu Kelas Maya melalui share screen power point. dengan menjelaskan fitur dan kelebihan yang dimilik Kelas Maya dibandingkan dengan Lerning Management System Lain dan dijelaskan alur pendaftaran yang dimulai dari pendafatran akun penyelenggara sekolah dan akun guru dan siswa.

Materi kelas maya oleh Nanang Sriyadi, S.Pd


Sesi diskusi pertama 

Setelah selesai melakukan penjelsan tentang pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran matematika diadakan sesi diskusi dalam bentuk tanya jawab sesi pertama yang berfokus pada materi Rumah Belajar. dari sesi diskusi tersbut terdapat beberapa pertanyaan yang didiskusikan secara bersama sama dengan SRB dan ditanggapi oleh pengawas matematika.

Materi Pembbuatan Video Pembelajaran

Setelah sesi diskusi pertama berakhir, maka kegiatan dilanjutkan dengan materi kedua yaitu pembuatan video pemebelajaran dengan menggunakan kinemaster yang disampaikan oleh saya Nanang Sriyadi. Dimulai dengan menjelaskan profil singkat dan melakukan share screen menggunakan handphone untuk membuak aplikasi kinemaster sebagi video editor video pembelajaran.

Petama setelah aplikasi terbuka dijelaskan cara membuat proyek baru di kinemaster dan menjelaskan beberapa fungsi yang bisa dimanfaatkan dalam melakukan editing video. Selanjutnya dibuka file-file yang sudah saya persiapkan untuk membuat contoh video pembelajaran, yaitu background kelas, video rekaman diri sebagai presenter di depan layar berwarna polos dan materi dalam bentuk power point yang sudah dijadikan video yang telah disesuaikan dengan suara presenter.

Pembuatan Video pembelajaran oleh Nanang Sriyadi, S.Pd

Pembuatan Video pembelajaran oleh Nanang Sriyadi, S.Pd

Proses editing video pembelaran dimulai dengan menjelaskan efek crop pada presenter dan menerapkan fitur kroma key pada video presenter untuk menghilangkan background dan menambahkan layer lain seperti teks, gamabar, video dan lainnya yang dapat diguakan untuk membuat video pemeblajaran.

Setelah selesai melakukan editing selanjutnya dijelaskan cara melakukan export video dalam format video denag memerhatikan beberapa hal seperti resolusi, Bit rate dan kualitas dari video pembelajaran. Penjelasan pun dikahiri dengan memutar video pembelajaran hasil export tersebut dan dilajutkan dengan sesi diskusi kedua tentang pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan kinemaster.

Kegiatan pun ditutup oleh paparan yang disampaiakan oleh pengawas matematika Bapak Sukamdi, S.Pd,. M.Pd dengan memebrikan penekanan agar para rekan guru dapat memerikan pembelajaran daring yang baik kepada peserta didik.

Dokumentasi

Sebagai tanda berakhirnya kegiatan maka terakhir kali dilakukan dokumetasi dari peserta kegiatan MGMP matematika secara tatap maya dengan membentuk pose rumah belajar.

dokumentasi kegiatan MGMP Matematika Muaro Jambi

dokumentasi kegiatan MGMP Matematika Muaro Jambi


Rangkuman kegiatan

Judul Keterangan
Materi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan Pembuatan Video Pembelajaran Kinemaster
Pemateri Nanang Sriyadi, S.Pd dan Sahniar, S.Pd
Peserta 71 orang
Hari tanggal Sabtu, 17 Oktober 2020
Waktu 08.30 WIB s/d 10.30 WIB
Daftar Hadir link daftar pesserta

Tidak ada komentar untuk "#4 Sosialisasi Portal Rumah Belajar dan Pembayaran Video Pembelajaran dengan kinemaster di MGMP Matematika Muaro Jambi"