#3 Lebih dari 300 guru mengikuti Sosialisasi pemanfaatan Rumah Belajar dan Google Sites dalam Pembeajaran

Setelah dua kali melakukan sosilaisasi Portal Rumah Belajar dengan cara tatap muka di SMP Negeri 48 Muaro Jambi pada tanggal 09 Oktober 2020 dan SMP Negeri 25 Muaro Jambi pada tanggal 10 Oktober 2020, untuk meningkatkan sebaran sosialisasi yang lebih luas dalam jumlah peserta yang lebih banyak maka perlu dilakukan sosialisasi pemanfaatan Portal Rumah Belajar secara tatap maya.


Dilatar belakangi hal tersebut disini saya mulai menyusun sosialiasasi tatap maya. dalam meaksanakan kegiatan tatap maya tentunya perlu dilakukan beberapa langkah-langkah agar kegiatan tatap maya dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Persiapan kegiatan tatap maya

Dalam melaksanakan kegiatan tatap maya perlu agar berjalan secara efetif, maka perlu dibuat beberapa persiapan sebagai berikut.

Moderator kegiatan tatap maya

Pertama kali disini saya mencari seorang partner untuk membantu kegiatan tatap maya tersebut, saya meminta kepada rekan dari SMP Negeri Satu Atap Nyogan Kabupaten Muaro Jambi yaitu Rizki Mega Saputra, S.Pd yang sudah berpengalaman menjadi moderator dalam berbagai kegiatan tatap maya  untuk menjadi host dan moderator dalam kegiatan tatap maya tersebut dan menentukan waktu pelaksanaan tatap maya dan disepakatai kegiatan tatap maya akan dilaksanakan pada Kamis, 15 Oktober 2020

Gadi bersih bersama dengan moderator


Materi kegiatan tatap maya

Setelah mendapatkan rekan, selanjutnya adalah mempersiapakan materi yang akan disajikan. Tentunya materi pertama yang wajib disampaikan adalah materi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran. Sebagai materi tambahan untuk memperkaya sajian materi disini saya menambahkan materi pembuatan website pembelajaran menggunakan Google Sites yang diintegrasikan dengan fitur-fitur yang ada di Portal Rumah Belajar. 

Sebagai tambahan dan menarik minat para peserta disini saya menambahkan sebuah materi singkat tentang Aplikasi RPP 1 lembar daring dan luring untuk semua tingkat pendidikan. Aplikasi RPP 1 lembar ini juga akan dibagikan kepada peserta yang sudah mendaftar dalam kegiatan ini dan akan dikirmkan melalui pesan WhatsApp dan email peserta.

Untuk meningkatkan minat peserta dalam kegiatan ini juga perlu diberikan doorprise untuk peserta terpilih sebanyak 4 peserta yang berkontribusi dalam memberikan pertanyaan kepada pemateri.

Platform Video Conference yang digunakan

Untuk melaksanakan kegiatan tatap maya tentunya perlu melilih platform yang akan digunakan merupakan salah satu langkah penting harus dioptimalkan agar pelaksanaan kegiatan tatap maya dapat berjalan dengan baik. Dalam kegiatan tatap maya ini berdasarkan beberapa pertimbangan dipilihlah Aplikasi Zoom Meeting Cloud sebagai platform yang digunakan dan akan disiarkan secara langsung melalaui live streaming channel Youtube saya NANANG SRIYADI untuk memperluas materi sosialisasi dengan pertimbangan leibih dari 22.000 subscriber pada chanel saya tersebut.

Untuk memberikan akses peserta yang luas disini saya menggunakan jasa sewa room zoom meeting cloud yang dapat menampung 300 peserta dengan waktu yang tidak terbatas dan dapat melakukan siaran langsung ke kanal youtube secara langsung.

Sosialisasi kegiatan tatap maya

Untuk memberitahukan kepada khalayak luas tentang kegiatan ini perlu dilakukan sosialisasi kegiatan. Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan pembayaran flyer kegiatan, di dalam flyer diberikan keterangan yang menyangkut mengenai kegiatan dimulai dari judul, pemateri, moderator, materi, waktu pelaksanaan, ID meeting zoom dan live streaming youtube, link pendaftaran dan informasi tentang bonus aplikasi dan doorprize berupa pulsa agar lebih menarik minat peserta. 

Flyer Tatap Maya pertama

Setelah membuat flyer waktunya untuk melakukan sosialisasi dengan melakukan upload flyer ke media sosial Facebook untuk di bagikan ke beberapa grup pendidkan dan youtube story serta bagikan ke grup Whatsapp dan telegram. 

Pelaksanaan Kegiatan Tatap Maya

Setelah melakukan persiapan yang matang di dapatlah peserta melalui link pendaftaran di dapat 277 peserta terdaftar dengan rincian sebagai berikut Daftar Peserta Berbagi Seputar Inovasi yang terdiri dari berbagai daerah di Nusantara. 

Dari peserta terbatas untuk memudahkan komunikasi makan saya membuat grup Whatsapp untuk memberikan beberapa informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan seperti mengirimkan kembali link dan ID Meeting. 

Tiba saatnya pukul 13.00 WIB bersama moderator mulai membuka room Zoom Meeting cloud untuk melakukan persiapan kegiatan dan mengatur live streaming di kanal youtube. Sampai pukul 13.15 WIB peserta mulai masuk ke room dan moderator sekaligus host mulai melakukan admite peserta untuk bergabung kedalam room. Tiba pukul 13.30 tercatat lebih dari 100 peserta sudah bergabung dengan zoom meeting dan sebagian peserta lain menonton live streaming di kanal YouTube. 

Persiapan kegiatan tatap maya

Kegiatan tatap mata di mulai dengan dibuka oleh moderator dengan menyampaikan tata tertib kegiatan dan menyampaikan biodata pemateri dan materi yang akan disampaikan. 

Tiba saatnya kepada saya sluntuk memberikan materi, melalui tampilan share screen power point pertama menjelaskan materi tentang Portal Rumah Belajar. 

Materi Portal Rumah Belajar

Dimulai dengan menjelaskan fitur utama portal rumah belajar sumber belajar ditampilkan slide cara menggunakan dan menjelaskan menu dan konten yang ada pada sumber belajar. 

Selanjutnya diberikan tampilan slide tentang laboratorium maya dengan memberikan penjelasan menu dan konten serta simulasi cara menggunakan laboratorium maya. 


Penjelasan materi kelas maya

Fitur selanjutnya yang di tampilkan dalam slide power point adalaha fitur bank soal yang terdiri dari tingkatan kelas, memilih mata pelajaran dan mensimulasikan tampilan dari bank soal. 

Fitur utama rumah belajar terakhir adalah kelas maya, ditampilkan dalam slide alur mendaftar akun penyelenggara, akun guru dan akun siswa serta fitur fitur yang ada di dalam kelas maya yang donat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran virtual. 


Live Streaming Youtube

Setalah fitur utama selama dijelaskan selanjutnya ditampilkan slide fitur pendukung dan sumber belajar lain yang tertutup di portal rumah belajar tanah dapat dimanfaatkan  dalam proses pembelajaran daring. 

Materi Google Sites

Setalah selesai menjelaskan materi tentang portal rumah belajar, dilanjutkan dengan inovasi pembelajaran dengan menggunakan Google Sites yang mentautkan konten dari portal rumah belajar. 

Diawalai dengan tampilan website pembelajaran yang sudah siapa saya sediakan yaitu dapat dilihat pada link Tampilan Google Sites. Selanjutnya dijelaskan cara membuat Google Sites dengan membuka Google Drive dan membuat file baru berupa Google Sites. 

Materi Google Sites dan Rumah Belajar

Selanjutnya dijelaskan fungsi dari menu-menu yang ada pada Google Sites untuk memulai membuat website pembelajaran seperti membuat halaman, mengganti background, menambahkan tombol, menambah link dan lain-lain. 

Selanjutnya memberikan penjelasan cara menautkan konten portal rumah belajar pada halaman website pembelajaran Google Sites yang akan di terapkan dalam proses pembelajaran. 

Sesi Diskusi

Setelah menjelaskan tentang portal rumah belajar dan Google sites makan tiba saatnya untuk masuk ke sesi diskusi. Moderator mulai memilih pertanyaan pertanyaan yang masuk melalui formulir yang telah diberikan diawal kegiatan, beberapa pertanyaan yang masuk yaitu sebagai berikut. Daftar pertanyaan

Moderator memandu kegiatan sesi diskusi

diskusi berjalan dengan baik dengan beberapa pertanyaan langsung diajukan melalui tampilan video untuk bertanya secara langsung tentang materi yang telah dijelaskan. 

Materi aplikasi RPP 1 lembar

Tiba pada sesi materi yaitu aplikasi RPP 1 lembar, dengan menampilkan share screen tampilan aplikasi RPP 1 lembar dalam bentuk Microsoft Excel dijelaskan fitur, menu dan cara menggunakan  aplikasi RPP 1 lembar tersebut. Dengan menggunakan aplikasi tersebut dapat mempermudah dalam membuat administrasi pembelajaran yang rapi dan terstruktur.

Setelah kegiatan selesai dilaksanakan maka sesi selanjutnya adalah melakukan sesi dokumentasi dengan menggunakan pose rumah belajar di depan kamera masing-masing dan akan di screenshoot untuk disimpan sebagai dokumentasi

Dokumentasi Kegiatan

Dokumetasi kegiatan dengan pose rumah belajar

Dokumetasi kegiatan dengan pose rumah belajar

Dokumetasi kegiatan dengan pose rumah belajar
 
Screenshoot analytic Youtube setelah live streaming selesai, ditonton oleh 210 peserta
saat ini sudah ditonton lebih dari 500

Demikian kegiatan tatap maya pertama ini dilaksanakan dengan baik dan lancar tanpa kendala apapun, dengan rangkuman kegiatan sebagai berikut

Rangkuman kegiatan


Judul Keterangan
Materi Pemanfaatan Portal Rumah Belaja dan Google Sites serta Aplikasi RPP 1 Lembar
Pemateri Nanang Sriyadi, S.Pd
Peserta Zoom 105 orang
Youtube Live 210 Peserta
Youtube sampai sekarang Lebih dari 500 Peserta (akan terus bertambah)
Hari tanggal Kamis, 15 Oktober 2020
Waktu 13.30 WIB s/d 15.30 WIB
Daftar Peserta link daftar pesserta
Daftar Hadir Link Daftar hadir

1 komentar untuk "#3 Lebih dari 300 guru mengikuti Sosialisasi pemanfaatan Rumah Belajar dan Google Sites dalam Pembeajaran"

  1. If you may make significantly more having an investment and still have an emergency savings fund put aside, you can make a bigger financial impact investing than paying down your mortgage. mortgage calculator canada In order to acquire either of these mortgages, you should already be considered a HSBC customer. canada mortgage calculator

    BalasHapus

Posting Komentar