#2 Sosialiasasi pemanfatan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran di SMP Negeri 25 Muaro Jambi

Setelah sukses melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemanfaan Portal Rumah Belajar dan Penggunaan Aplikasi Zoom dalam pembelajaran yang dilakukan di SMP Negeri 48 Muaro Jambi. Sebagai lanjutan kegiatan PEMBATIK Level 4 Berbagi yaitu kegiatan sosilalisasi, saya melaksanakan kegiatan sosialisasi pemanfaatan Portal Rumah Belajar di SMP Negeri 25 Muaro Jambi.

Kegiatan sebelumnya #1 SMP Negeri 48 Muaro Jambi

Kegiatan Sosilaisasi Pemanfaatan Rumah Belajar di SMP Negeri 25 Muaro Jambi

Profil SMP Negeri 25 Muaro Jambi

SMP Negeri 25 Muaro Jambi merupakan sekolah yang beralamat di Jalan pendidikan Nomor 3, Desa Bukit Subur, Kecamatan bahar Selatan, Kabuten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. SMP Negeri 25 Muaro Jambi terletak di daerah yang strategis yang merupakan salah satu jalan yang dilewati warga Kecamatan Bahar Selatan dalam menjalankan aktivitasnya.

Peta SMP Negeri 25 Muaro Jambi, sumber: sekolah.data.kemdikbud.goid

SMP Negeri 25 Muaro Jambi memiliki 12 Guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran sebagai bentuk pelayanan pendidikan kepada 126 peserta didik yang terdiri dari 6 rombongan belajar. Berdasarkan keterangan Kepala SMP Negeri 25 Muaro Jambi Bapak Sarmadi, S.Pd Pada saat ini SMP negeri 25 Muaro Jambi melaksanakan Pembeljaran secara daring dengan menggunakan Learning Management System (LMS) apliaksi Google Classroom yang dibuat untuk 6 Kelas dengan setiap kelas terdiri dari siswa dan semua guru mata pelajaran yang mengajar pada kelas tersebut yang dipantau dengan bergabungnya kepala sekolah di setiap kelas tersebut.

Sosialisasi Pemanfatan Portal Rumah Belajar

Dalam melaksanakan sosialisasi Pemanfatan Portal Rumah Belajar di SMP negeri 25 Muaro Jambi, agar kegiatan berlangsung dengan efektif dan efisien tentunya dilaksanakan dengan mengikuti beberapa prosedur dengan diawali dengan berkonsultasi dengan kepala sekolah.

Konsultasi dengan Kepala SMP Negeri 25 Muaro Jambi

Sebelum melaksankan kegiatan sosialisasi Pemanfatan Portal Rumah Belajar di SMP Negeri 25 Muaro Jambi, saya melakukan konsultasi dan koordinasi dengan kepala SMP Negeri 25 Muaro Jambi bapak Sarmadi, S.Pd melalui panggilan telepon pada tanggal 08 Oktober 2020.

Dalam Konsultasi tersebut saya menyampaikan maksud dan tujuan untuk melaksanakan sosialisasi dan disepakati kegiatan sosialisasi Pemanfatan Portal Rumah Belajar di SMP Negeri 25 Muaro Jambi dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Oktober 2020 pukul 08.30 WIB sampai 10.00 WIB bertempat di Laboratoriumm Komputer SMP negeri 25 Muaro Jambi.

Pembuatan Flyer Sosialisasi

Sebagai bentuk kreatifitas dan efektifitas dalam membbuat pemberitahuan kepada majelis guru yang akan disampaikan oleh Kepala Sekolah tentang kegiatan ini maka perlu dibuat sebuah flyer sosialisasi Pemanfatan Portal Rumah Belajar yang berisi meteri, pemateri serta tepat dan waktu kegiatan berlangsung. 

Flyer Sosialsasi Pemanfatan Rumah Belajar di SMP negeri 25 Muaro Jambi

Setelah Flyer selesai dibuat, flyer kegiatan sosialisasi tersebut dikirim ke Kepala SMP Negeri 25 Muaro Jambi untuk diteruskan kepada majelis guru serta dilakukan upload ke akun media sosial Facebook sebagai bentuk promosi pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk pembelajaran ke khalayak lebih luas.

Pelaksanaan Sosialisasi Pemanfatan Rumah Belajar

Tiba saatnya pada hari Sabtu, 10 Oktober 2020 dalam cuaca yang cukup baik saya pun melangkahkan diri menuju SMP Negeri 25 Muaro Jambi melewati daerah perbukitan yang merupakan kondisi demografi daerah di kecamatan bahar selatan dengan melewati kontur jalan berbatu.

Salah satu ruas jalan menuju SMP Negeri 25 Muaro Jambi

Sesampainya di SMP Negeri 25 Muaro Jambi, kedatangan saya di sambut dengan hangat oleh kepala SMP Negeri 25 Muaro Jambi Bapak Sarmadi, S.Pd dan dipersilahkan untuk memasuki ruang kepala sekolah selagi menunggu mempersiapakn ruangan pelaksanaan sosialisasi di laboratorium komputer dan kesiapan majelis guru.

Sambutan Kepala Sekolah

Setelah persiapan selesai kegiatan pun dimulai dengan diawali dengan sambutan Kepala SMP negeri 25 Muaro Jambi dengan memberikan gambaran dan target kegiatan yang akan dilaskanakan 90 menit kedepan. setelah sammbutan Kepala Sekolah selesai waktu diberikan kepada saya untuk memulai pelaksanaan Sosialisasi Pemanfatan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran.

Sammbutan kepala SMP Negeri 25 Muaro Jambi oleh Bapak Sarmadi, S.Pd


Penyampaian materi

Sama seperti kegiatan sosialisasi sebelumnya, disini saya menghubungkan Handphone saya ke Proyektor yang sudah disediakan dengan bantuan sebah alat Anycast HDMI Dongle, karena mayoritas peserta didik di SMP negeri 25 Muaro Jambi melaksanakan pembelajaran daring menggunakan handphone, maka saya melakukan presentasi menggunakan handphone agar mengetahui tampilan Portal Rumah Belajar yang diakses menggunakan Handphone.

manampilkan portal rumah belajar dari handphone ke proyektor


Pertama kali bersama dengan majelis guru sama sama membuka Portal Rumah Belajar melalui browser Handphone masing-masing ke tautan belajar.kemdikbu.go.id lalu dilajutkan dengan menjelaskan tentang Portal Rumah Belajar.

Diawali dengan meberikan penjelasan tentang fitur utama rumah belajar yang dapat dimanfaatkan dalam pembeljaran daring, dengan bersama-sama membuka fitur sumber belajar dan mencari sumber belajar sesuai dengan materi masing-masing sesuai dengan tingkat kelas dan mata pelajaran yang diampu dalam bentuk video atau multimedia.

Kegiatan Sosilaisasi Pemanfaatan Rumah Belajar di SMP Negeri 25 Muaro Jambi


Selanjutnya bersama sama dan guru membuka dan memahami bank soal yang dapat dipilih sesuai dengan tingkatan kelas dan mata pelajaran masing-masing sesuai dengan materi yang sedang diajarkan secara daring dengan melakukan simulasi mengerjakan soal sampai muncul hasil dan pembahasan soal yang sedang dikerjakan.

di fitur selanjutnya bersama dengan guru melalui browser handphone masing-masing membuka fitur laoratorium maya dan mempraktekkan salah satu virtual lab pada mata pelajaran IPA tentang daya hantar listrik. Antusias peserta dalam kegiatan ini sangat baik karena di Laboratorium maya sudah di lengkapi dengan materi praktikum dan Lembar Kerja Siswa yang menarik.

Kegiatan Sosilaisasi Pemanfaatan Rumah Belajar di SMP Negeri 25 Muaro Jambi

Difitur umata Rumah Belajar yang lain adalah Kelas Maya Yang merupakan Kelas Virtual yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Saya memberikan penjelasan beberapa fitur dan kelebihan Kelas Maya dibandingkan dengan Learning Mangement System lainnya yaitu memiliki kelbihan dalam melakukan pembobotan nilai dalam bentuk persentase dan rekap nilai yang sangat rapi dan terstruktur. Di karenakan di SMP Negeri 25  Muaro Jambi belum mempunyai akun penyelenggara, maka pada saat itu bersama dengan operator sekolah langsung membuat akun sekolah penyelenggara agar nantinya guru dan siswa bisa menggunakan kelas maya dalam melaksanakan pembelajaran secara daring.

Operator sekolah mendaftarkan akun sekolah penyelenggara kelas maya rumah beajar

Setelah fitur utama, disini saya juga menjelaskan fitur pendukung yang tidak kalah menarik serta sumber belajar lain yang tertaut di Portal Rumah Belajar yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran secara daring.

Diskusi

Setelah selesai memberikan penjelasan dan mempraktekkan menggunakan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran dilakukan sesi diskusi antara guru dan pemateri untuk mempetegas bagian yang belum dimengerti secara jelas. Diskusi berjalan dengan multi arah, bukan saya say ayang memberikan jawaban tetapi pesert ayang lain yang sudah memahamai pertanyaan juga menyampaikan solusi dari pertanyaan yang muncul. Pertanyaan tdak hanya fokus pada portal rumah belajar saja tetapi juga ada pertanyaan tentang pembelajran daring lainnya.

Dokumentasi

Setelah kegitan berlangsung dengan baik kegiatan ditutup dengan penyampaian harapan Kepala Sekolah untuk proses pembelajaran di SMP Negeri 25 Muaro Jambi bisa memanfaatkan portal rumah belajar dari beberapa fitur yang sudah dijelaskan diatas. Sebagai bentuk terima kasi saya memberikan Stiker Rumah Belajar kepada seluruh peserta dan melakuka dokumentasi dalam bentuk Foto.

Dokumentasi Kegiatan Sosilaisasi Pemanfaatan Rumah Belajar di SMP Negeri 25 Muaro Jambi

Dokumentasi Kegiatan Sosilaisasi Pemanfaatan Rumah Belajar di SMP Negeri 25 Muaro Jambi

Demikian kegitan sosialiasasi di SMP negeri 25 Muaro Jambi yang saya laksankan dengan rangkuman kegiatan sebagai berikut.

Rangkuman kegiatan



Judul Keterangan
Materi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran
Pemateri Nanang Sriyadi, S.Pd
Peserta 12 orang
Tempat SMP Negeri 25 Muaro Jambi
Waktu 08.30 WIB s/d 10.30 WIB
Daftar Hadir link daftar hadir

Tidak ada komentar untuk "#2 Sosialiasasi pemanfatan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran di SMP Negeri 25 Muaro Jambi"