Cara Merubah Suara Menjadi Teks di Komputer dan Android

Selamat datang di nanangsriyadi.online

Perkembangan Teknologi Informasi sangat berkembang pesat khusunya dalam bidang komputer dan smartphone, munculnya berbagai aplikasi yang sanagt membantu kebutuhan hidup manusia, dengan begitu pekerjaan masnusia bisa dipermudah dan hasilnya akan lebih efektif dan efisien serta dapat meningkatkan produktifitas kerja.

Dalam pekerjaan-pekerjaan tertentu tentunya kita tidak lepas dari mengetik teks seperti membuat surat, proposal, blog, buku dan lain-lain. Namun kadang kita terkendala waktu dan kecepatan mengetik kita, andaikan saja apa yang kita pikirkan lalu kita ucapkan bisa otomatis menjadi teks, jadi kita tinggal berbicara saja. Nah pada kesempatan ini saya kan berbagi cara merubah suara menjadi teks melalui komputer dan android.



Cara Merubah Suara menjadi teks di komputer

Untuk merubah suara menjadi teks di komputer kita tidak perlu aplikasi tambahan kita cukup memanfaatkan salah satu fitur dari google. Google merupakan salah satu situs dengan fitur yang sangat lengkap. Disini kita bisa memanfaatkan fitur google documen, dengan menggunakan dokumen ini akan ter sinkron dengan akun google di smartphone kita sehingga kapan saja dibutuhkan akan mudah kita temukan data tersebut. masri simak langkah berikut:

1. buka browsser google chrome atau lainnya
2. masuk ke google.co.id
3. klik tanda grid di kanan atas, lalu pilih dokumen

4. lalu klik tanda + untuk membuat dokumen baru, kita pilih saja dokumen kosong atau format lain sesuai kebutuhan kita

5. lalu akan diarahkan kehalaman google dokumen yang tampilannya mirip microsoft word

6. kita atur bahasa dengan klik file, bahasa dan pilih bahasa indonesia

7. lalu klik tools, voice typing, jangan lupa sebelumnya untuk kita pasang microphone di komputer/lapotop kita, dalam hal ini bisa memanfaatkan headset handphone

8. lalu akan muncul gambar microphone di sebelah kiri halaman teks, kita klik saja untuk mulai merekam dan otomatis suara kita akan berubah menjadi teks. ini akan sangat membantu pekerjaan kita.

Cara Merubah Suara Menjadi Teks di Android

Untuk merubah suara menjadi teks di android, kita memerlukan aplikasi tambahan yaitu kita memanfaatkan aplikasi yang tersedia di google play store. Aplikasi yang kita gunakan adalah Speech to Text.

1. kita download aplikasi tersebut
2. kita buka aplikasi tersebut
3. kita klik tombol start untuk mulai merekam suara kita, maka secara otomatis suara kita akan berubah menjadi teks

pada aplikasi ini juga dapat merubah teks menjadi suara.

demikian yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat terima kasih.


Tidak ada komentar untuk "Cara Merubah Suara Menjadi Teks di Komputer dan Android"