Refleksi Pembelajaran Modul Pedagogi

  

Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2021

Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2021 dilaksanakan sebanyak 4 angkatan yang terdiri dari angkatan 1, 2 3 dan 4. Pelaksanaan PPG 2021 dilaksanakan secara daring atau online menggunakan Pertemuan tatap maya menggunakan Google Meet dan diskusi menggunakan LMS Moodle.



Analisis Materi Ajar Pedagogi

setelah melaukan proses belajar mandiri, pendalaman materi profesional dan penyusunan materi ajar maka kegiatan selanjutnya adalah melakukan Analisis Materi ajar Pedagogi, dalam kegiatan Analisis Materi ajar Pedagogi kita akan dipandu dosen dengan tatap maya google meet dan diskusi melalui LMS PPG 2021 akan membahas 4 modul pedagogi selama 3 hari.

Pada hari ketiga Analisis Materi ajar Pedagogi akan ada tagihan berupa tes sumatif dan Refleksi Pembelajaran Modul Pedagogi. 

Refleksi Pembelajaran Modul Pedagogi

Refleksi Pembelajaran Modul Pedagogi akan diminta setelah kita selesai tatap maya dan diskusi dengan LMS PPG 2021. Refleksi Pembelajaran Modul Pedagogi diminta mengisi pertanyaan beriut ini:

  1. Sejauh mana pemahaman materi yang telah Anda pelajari? Jelaskan!
  2. Apa Lesson learn yang Anda peroleh selama kegiatan ini?
  3. Apa yang menjadi kesulitan dalam melakukan analisis materi ajar pada modul ini?
  4. Menurut Anda, bagaimana tingkat kebermanfaatan kegiatan yang dilakukan dalam menunjang tugas Anda sebagai guru?
  5. Pada bagian proses pembelajaran mana, yang menurut Anda menarik?

Lembar kerja Refleksi Pembelajaran Modul Pedagogi

berikut adalah contoh pengisian lembar kerja Refleksi Pembelajaran Modul Pedagogi:


Sejauh mana pemahaman materi yang telah Anda pelajari? Jelaskan!

Pembelajaran Modul Pedagogi terdiri dari 4 modul:

1) Konsep dasar keilmuan,

2) Peran guru dalam pembelajaran abad 21,

3) Pembelajaran Inovatif, dan

4) Perancangan Pembelajaran Inovatif.

Pemahaman materi yang telah saya pelajari dari keempat modul tersebut yaitu  lebih baik daripada pemahaman saya sebelumnya. Mempelajari keempat modul tersebut sama dengan menyegarkan kembali pemahaman pedagogi yang sebelumnya saya dapatkan ketika kuliah dan dapat meningkatkan kompetensi pedagogoi untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Apa Lesson learn yang Anda peroleh selama kegiatan ini?

Lesson learn yang saya peroleh dalam pendalaman atau pembelajaran 4 modul pedagogi tersebut adalah pemahaman pada teori belajar starategi pembelajaran, pendekatan pembelajatan dan pendidikan dan landasan-landasan pendidikan, bagaimana memahami karakteristik siswa yang beragam

Saya juga lebih mendalami apa yang menjadi tantangan guru dalam melakukan  pembelajaran abad 21, berbagai fenomena  yang terjadi dalam era pembelajaran abad 21, tugas pokok dan fungsi guru , penyesuaian-penyesuaian  yang diperlukan oleh guru dalam satuan-satuan pendidikan serta strategi-strategi dalam merespon penyesuaian perkembangan pola pikir peserta didik tersebut. Dan juga melakukan analisis perbedaan mendasar antara guru sebagai professional yang mengajar dan guru sebagai professional yang belajar.serta  belajar merancang program pengembangan diri yang berkelanjutan selama satu tahun.

Apa yang menjadi kesulitan dalam melakukan analisis materi ajar pada modul ini?

Kesulitan yang kami alami dalam analisis materi ajar pedagogi yang terdiri 4 modul ini terdapat pada mengkaitkan beberapa muatan pembelajaran seperti  dalam menyampaikan  suatu permasalahan dan menyampaikan secara tersurat dalam materi ajar. namun dengan kegiatan diskusi antara dosen dan mahasiswa bisa membantu permasalahan tersebut.  

Banyaknya pendapat para ahli berkaitan dengan teori pedagogi, saya pribadi cukup kesulitan untuk membandingkan teori-teori tersebut.


Menurut Anda, bagaimana tingkat kebermanfaatan kegiatan yang dilakukan dalam menunjang tugas Anda sebagai guru?

Bagi saya sangat bermanfaat mempelajari materi 4 modul pedagogi ini. Dengan mempelajari modul ini kita dapat meningkatkan kompetensi pedagogi yang kita miliki untuk memberikan pelayanan terbaik bagi peserta didik.  Setelah materi ini, saya dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan saya sebagai guru yang mempesona abad 21 ini. 


Pada bagian proses pembelajaran mana, yang menurut Anda menarik?

Proses pembelajaran 4 modul edagogi yang paling menarik menurut saya adalah, ketika kami selesai mempelajari modul pedagogi ini, kami bergantian melakukan presentasi atau pemaparan materi yang dilanjutkan dengan diskusi. Dengan adanya presentasi dan diskusi kami bisa meluruskan miskonsepsi yang ada pada modul ini. Selain itu, kami bisa bertukar pikiran dan mendengar cerita pengalaman rekan-rekan sejawat dengan beranekaragam kondisi lingkungan sekolah serta karakteristik siswa masing-masing.