Inovasi Pembelajaran Menggunakan Portal Rumah Belajar dan Google Sites

Latar belakang

Pembelajaran proses interaksi antara peserta didik dan pendidik dan dengan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Melaksanakan pembelajaran yang efektif dapat dilakukan oleh guru dengan memanfaatkan sumber belajar dan lingkungan belajar yang ada sesusai dengan karakteristik peserta didik.

Dalam melaksankan pembelajaran tatap maya seperti ini pendidik harus mampu menghadirkan sumber belajar dan lingkungan belajar agar interaksi antara pendidik dan peserta didik tetap berjalan secara baik. Sumber belajar yang bervariasi dan interaktif merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

SMP Negeri 48 Muaro Jambi merupakan sekolah tempat biasanya kami melakukan proses pembelajaran secara tatap muka, dalam kondisi ini dengan diberlakukannya penyederhanaan kurikulum oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Permendikbud nomor 719 tahun 2019, maka SMP Negeri 48 Muaro Jambi melakukan pembelajaran yang dilakukan secara daring.

Dalam melaksanakan pembelajaran secara daring di rumah masing-masing yang mayoritas siswa SMP Negeri 48 Muaro Jambi bertempat tinggal di Desa Tanjung Sari Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi yang berada di perkebunan kelapa sawit dan memiliki akses listrik dan layanan internet yang sering terjadi masalah, maka pembelajaran daring harus memperhatikan banyak hal agar dapat berjalan dengan efektif.

Media pembelajaran yang sederhana dan mudah diakses menjadikan salah satu solusi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran daring agar pembelajaran tetap dapat diikuti dan diakses oleh peserta didik. Selain grup Whatsapp yang dapat digunakan dalam pembelajaran, disini salah satu hal yang dapat saya lakukan adalah membuat media pembelajaran sederhana yang mengintegrasikan antara google Sites dan  Portal Rumah Belajar.

Google Sites

Dengan menggunakan Google Sites akan dibuat tampilan sederhana yang berisi alur pembelajaran sesuai sintak yang digunakan sesuai metode pembelajaran yang diterapkan. Menggunakan website pembelajaran dengan google sites peserta didik akan dapat mengkases dengan mudah dan cepat tanpa harus menginstall aplikasi dan membuat akun yang merupakan salah satu masalah dalam pembelajaran daring.

Tampilan Google Sites

Menggunakan Google Sites dalam melaksankan pembelajaran tentunya perlu di integrasikan dengan sumber belajar yang lengkap, salah satu nya kita bisa mengintegarsikan google sites dengan portal rumah belajar. Portal Rumah Belajar merupakan seuah website besutan Kementerian Pendidikan dan Kebuudayaan yang berisikan sumber belajar yang menarik dan interaktif untuk semua jenjang dan semua mata pelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran daring.

Rumah Belajar

Portal Rumah beajar memiliki fitur utama yang terdiri dari Kelas maya untuk melakukan pembelajaran secara virtual dengan Learning Management System, Sumber belajar yan berisi materi berupa gambar, video, audio, evalusai, simulasi dan permainan untuk semua jenjang dan mata pelajaran, Laboratorium maya yang memungkinkan kita untuk melakukan percobaan secara virtual denag dilengkapi lembar kerja dan materi praktikum, dan Bank soal yang berisi soal evaluasi yang dapat dikerjakan secara interaktif dan langsung mendapatkan hasil dan analisis. 

Fitur Utama Portal Rumah Belajar


Portal Rumah Belajar Juga berisi fitur pendukung seperti Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Edu Game dan Blog Pena. 

Fitur Pendudung Portal Rumah Belajar

Portal Rumah Belajar juga tertaut dengan sumber belajar lain yang dapat kita manfaatkan dalam proses pembelajaran yaitu Radio Edukasi, M-edukasi, Balai Pelestarian cagar Budaya, TV Edukasi, Radio Edukasi, E modul Kesetaraan, PPPPTK-LPPKS, Kursus daring dan Gerbang Kurikulum.

Sumber Belajar Lainnya yang tertaut di Portal Rumah Belajar


Pelaksanaan Pembelajaran

Setelah pembuatan media pembelajaran berupa website pembelajaran menggunakan Google Sites yang di integrasikan dengan portal rumah belajar, Proses pembelajaran akan berjalan mengikuti alur dan sintak yang sudah disusun yaitu menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning secara daring dalam website pembelajaran Google sites dengan alamat https://sites.google.com/view/belajar-mtk dengan urutan sebagai berikut:

Literasi

Sebagai bahan bacaan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai lingkungan daerahnya dengn memberikan tautan literasi menggunakan fitur pendukung Portal Rumah Belajar yaitu Peta Budaya yang berisi halama tentang wawasan Muaro Jambi.

Literasi tertau ke Fitur Peta Budaya


Permasalahan

Sebagai sintak awal dalam menerapka Probelm Based Learning, peserta didik diberikan suatu permasalahan yang harus diselesaikan dalam bentuk ilustrasi gambar dan cerita.

permasalahan yang harus diselesaiakan Peserta Didik


Identifikasi Masalah

Setelah mendapatkan permasalahan yang harus diselesaiak peserta didik akan diminta untuk mengindentifikasi permasalahan tersebut secara terbimbing dengan menjawab urutan pertanyaan yang diberikan untuk dapat menegtahai tahapan penyelesaian masalah.

Menggali Informasi

Setelah peserta didik mampu mengidentifikasi masalah yang harus diselesaikan, peserta didik akan dibimbing untuk menggali informasi dari berbagai sumber tertaut yaitu:

  1. Video Pembelajaran yang ditautkan dari Fitur Sumber Belajar di Portal Rumah Belajar
  2. Buku Sekolah Elektronik yang ditautkan dari fitur pendukung Portal Rumah Belajar, yaitu fitur Buku Sekolah Elektronik
  3. Laboratorium maya yang ditautkan dari Fitur Utama Portal Rumah Belajar
Video Pembelajaran Fitur Sumber Beajar

Buku Sekolah Elektronik Portal Rumah Belajar

Lab Maya Portal Rumah Belajar

Penyelesaian masalah

Setelah peserta didik mendapatkan informasi yang dibutuhkan peserta didik akan dapat menyelesaikan permasalah yang diberikan secara mandiri, maupun bekerja sama denga nsesama teman serta berkomunikasi dengan guru apabila ada hal yang kurang dipahami.

Pengumpulan Jawaban

Disedian sebuah form pengumpulan jawaban dengan menggunakan Google Formulir untuk mengumpulkan hasil karya peserta didik untuk mendapat evaluasi dari guru.

Form Pengumpulan jawaban peserta didik


Permainan

Sebagai upaya memberikan keceriaan dan mencegah kebosanan peserta didik dierikan tautan permainan edukasi yang menarik yang diautkan dari fitur Edu Game Portal Rumah Belajar

Edu Game Portal Rumah Belajar


Latihan Soal

Sebagai bentuk peningkatan kompetensi peserta didik, maa diberitaka tautan soal evaluasi yang berasala dari fitur utama Portal Rumah Belajar yaitu bank soal agar peserta didik lebih memahami materi yang diajarkan

Bank Soal Portal Rumah belajar


Demikian Inovasi pembelajaran Menggunakan Rumah belajar dan Google Sites yang dapat diterapkan dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran.

1 komentar untuk "Inovasi Pembelajaran Menggunakan Portal Rumah Belajar dan Google Sites"

  1. saya sebagai mahasiswa sangat terbantu mas, terima kasih informasinya. terus berkarya

    BalasHapus

Posting Komentar