#1 Sosilaisasi Pemanfaatan Portal Rumah belajar dan penggunaan Zoom dalam Pembelajaran di SMP Negeri 48 Muaro Jambi

Dalam melaksanakan proses pembelajaran dalam situasi pandemi seperti ini kita membutuhkan inovasi agar pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif. Salah satu media yang bisa kita pakai adalah media internet, dengan menggunakan internet kita bisa mengakses berbagai sumber belajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui aplikasinya yaitu Rumah Belajar menawarkan berbagai fitur yang bisa dimanafaatkan dalam proses pembelajaran.

Pembelajaran Berbasis TIK

PEMBATIK atau Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi merupakan sebuah program pelatihan yang dilaksanakan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) Kementerian Pendidikan dan kebudayaan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam bidang TIK. Dalam pelaksanaan pelatihan tersebut terdiri dari 4 level yaitu literasi, implementasi, kreasi dan sekarang menginjak level ke 4 yaitu berbagi.

Sebagai salah satu peserta PEMBATIK 2020 Level 4: Berbagi TIK, salah satu tugas yang harus saya laksanakan adalah melakukan sosilaisasi pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran. Dalam melaksanakan sosialisasi dilaksanakan secara tatap muka dan tatap maya. Sosialisasi pertama yang saya laksanakan di sekolah saya mengajar yaitu SMP Negeri 48 Muaro Jambi.

Profil SMP Negeri 48 Muaro Jambi

SMP Negeri 48 Muaro Jambi merupakan sekolah yang terletak di Desa Tanjung Sari, Kecamaan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi. SMP Negeri 48 Muaro Jambi terletak di daerah yang masyaraknya memiliki kepedualian yang tinggi terhadap pendidikan. SMP Negeri 48 Muaro Jambi terdiri dari 20 personil guru dan tenaga pendidikan dan memiliki 150 peserta didik yang terdiri dari 6 rombongan belajar.

Saat ini dalam melaksanakan proses pembelajaran, SMP Negeri 48 Muaro Jambi melaksanakan pembelajaran daring dan luring (bagi peserta didik yang tidak bisa melaksanakan pembelajaran daring). Dalam melaksanakan pembelajaran daring Guru menggunakan berbagai aplikasi yang beragam, mulai dari Whatsapp, Google Classroom, Edmdo dan lainnya.

Sebagai Sahabat Rumah Belajar 2020 dan sebagai guru dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum, saya Nanang Sriyadi, S.Pd berinisiatif memberikan alternatif pembelajaran inovatif dengan mensosialisasikan Portal Rumah Belejar di SMP Negrei 48 Muaro Jambi.

Sosilaisasi Portal Rumah Belajar

Dalam melaksanakan sosilaisasi pemanfaatan Portal Rumah Belajar di SMP negeri 48 Muaro Jambi sebagai bentuk tanggung jawab sebagai SRB 2020 dan Guru sekaligus Wakil Kepala Bidang Kurikulum tentunya melalui beberapa prosedur. 

Konsultasi dengan Kepala SMP Negeri 48 Muaro Jambi

Sebelum melaksanakan sosialisasi saya berkoordinasi dengan Kepala SMP Negeri 48 Muaro Jambi Bapak Syahrul Yani, S.Pd, dan disepakati pelaksanaan sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dilaksankan pada hari Jumat, 09 Oktober 2020 bertempat di Rung Guru SMP Negeri 48 Muaro Jambi.
Dalam konsultasi tersebut disepakati juga penambahan materi sosialisasi yaitu pemanfaatan aplikasi Zoom dalam pembelajaran, karena dalam melaksanakan pembeajaran daring belum pernah dilakukan secara video conference dan menimbang kuota internet bantuan dari pemerintah sudah tersalurkan kepada guru dan peserta didik di SMP Negeri 48 Muaro Jambi. Setelah dilaksanakan konsultasi dengan kepala sekolah selanjutnya adalah melakukan pemberitahuan kepada majelis guru SMP Negeri 48 Muaro Jambi.

Flyer Sosialisasi Pemanfaatan Rumah Belajar dan aplikasi Zoom dalam pembelajaran

Untuk memberikan pemberitahuan dan undangan yang menarik, disini saya mendesaian flyer yang berisi perihal undangan dan juga tempat dan waktu pelaksanaan sosilaiasi pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan Aplikasi Zoom dalam pembelajaran. 
Flyer Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan Penggunaan Zoom dalam pembelajaran di SMP Negeri 48 Muaro Jambi


Pelaksanaan Sosialisasi Pemanfaatan Rumah Belajar dan aplikasi Zoom dalam pembelajaran

Tiba saatnya pada hari Jumat,  09 Oktober 2020 untuk melakukan sosialisasi. Tak disangka malam harinya turun hujan dengan intensitas cukup tinggi yang membasahai jalan menuju tempat sosialiasi yang sebagian medan jalan tersebut adalah tanah merah yang mengakibatkan jalan menjadi becek. Dengan kondisi jalan seperti itu menjadikan sedikit hambatan untuk dapat sampai disekolah  tujuan. Melewati medan perbukitan dan jalan yang becek sampailah disekolah tujuan SMP Negeri 48 Muaro Jambi.

Salah satu ruas jalan di kecamatan Bahar Selatan menuju SMP Negeri 48 Muaro Jambi

Berdasarkan beberapa kendala tersebut jumlah guru yang hadir pada saat itu hanya mencapai 50% yaitu hadir 10 orang guru, tetapi dengan semangat yang tinggi kegiatan sosialisasi tersebut tetap dilaksanakan dengan tertib.
Jalan tepat berada di depan gerbang SMP Negeri 48 Muaro Jambi


Dalam melaksanakan sosialiasi telah dipersiapakan proyektor, dan saya membawa X banner dan  Anycast dongle HDMI yang saya gunakan untuk presentasi menggunakan Handphone untuk dihubungkan dengan proyektor, karena dalam pelaksanaan sehari-hari guru dan peserta didik lebih sering menggunakan handphone. 
Menampilkan Portal Rumah Belajar dari handphone ke proyektor


Portal rumah Belajar

Sesi pertama saya memberikan penjelasan tentang  Portal Rumah Belajar dan meminta kepada semua guru untuk membuka portal rumah belajar melalui browser handphone masing-masing, dan mulai menjelaskan fitur utama dalam Portal rumah belajar.
Fitur utama rumah belajar yang dibahas pertama adalah Sumber Belajar, bersama sama dengan guru langsung membuka fitur sumber belajar melalui handphone masing-masing dan mempraktekkan untuk membuka video pembelajaran berdasarkan tingkat satuan Pendidikan, kelas dan mata pelajaran. 
Pelaksanaan kegiatan Sosilaisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar


Fitur Utama Rumah Belajar yang kedua yang dibahas adalah laboratorium maya, bersama-sama dengan guru melalui handphone masing-masing membuka fitur laboratorium maya dan mempraktekkan beberapa laboratotium maya mata pelajaran IPA dan Matenatika
Fitur Utama Rumah Belajar yang ketiga yang dibahas adalah bank soal. Melaui handphone masing-masing guru membuka bank soal sesuai mata pelajaran masing-masing dan mempraktekkan mengerjakan soal sampai muncul nilai dan pembahasan soal. 
Pelaksanaan kegiatan Sosilaisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar


Fitur utama Rumah Belajar yang keempat di bahasa adalah kelas maya. Pertama dikenalkan tampilan awal pendaftaran akun, untuk sekolah penyelenggara sudah memiliki akun, dan beberapa guru mulai melakukan mendaftarkan akun sebagai guru. Dalam pembahasan kelas maya dijelaskan cara kerja membuat kelas, model, tugas ujian dan persiapan nilai.
Setelah fitur utama rumah belajar diberikan penjelasan secara singkat tentang fitur pendukung rumah belajar dan mempraktekkan fitur suara edukasi dengan memutar audio pembelajaran sesuai mata pelajaran masing-masing dan juga melakukan simulasi permainan edukasi melalui fitur Edu Games. Peserta begitu antusias untuk melakukan permainan di Edu Games. 
Pelaksanaan kegiatan Sosilaisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar


Setelah fitur pendukung diberikan penjelasan fitur sumber belajar lainnya yang diakses melalui sumber Portal Rumah Belajar. 

Penggunaan Aplikasi Zoom dalam pembelajaran

Dilatar belakangi oleh pembelajaran daring di SMP Negeri 48 Muaro Jambi yang belum pernah melakukan pembelajaran secara video conference maka berdasarkan kesempatan dengan kepala sekolah akan di beri tambahan materi tentang penggunaan aplikasi Zoom dalam  pembelajaran. 
Mempraktekkan penggunaan aplikasi Zoom


Diawali dengan meminta semua peserta untuk menginstal aplikasi Zoom di handphone  masing-masing, selanjutnya sebagai pemateri saya menjelaskan fitur-fitur yang ada di aplikasi Zoom dan meminta peserta untuk login dengan Handphone masing-masing. 
Selanjutnya dilakukan simulasi, disini saya bertindak sebagai host dan guru lain sebagai peserta. Diawali dengan membuat meeting baru dan membagikan link dan meeting ID dan password melalui grup whatsapp guru sebagai peserta mulai bergabung ke salam zoom. 
Di dalam tampilan meeting zoom dijelaskan beberapa fitur yang ada dalamnya. Dan beberapa guru yang tidak dapat mengikuti kegiatan secara daring juga masuk kedalam zoom meeting yang dibuat untuk simulasi meeting. 
Mempraktekkan penggunaan aplikasi Zoom


Setalah selesai melakukan sosialisasi pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan Aplikasi Zoom dalam pembelajaran diadakan sesi tanya jawab dan diskusi dan kegiatan sosialisasi diakhiri dengan dokumentasi dan pembagian stiker rumah belajar.

Dokumentasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi pemanfaatan Portal Rumah Belajar

 

Dokumentasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi pemanfaatan Portal Rumah Belajar
 
Demikian kegiatan pelaksanaan sosialisasi pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan penggunaan aplikasi zoom dalam pembelajaran di SMP Negeri 48 Muaro Jambi dengan Rangkuman sebagai berikut.

Rangkuman kegitaan

Judul Keterangan
Materi Portal Rumah Belajar dan Pemanfaatan Zoom Dalam Pembelajaran
Pemateri Nanang Sriyadi, S.Pd
Peserta 10 orang
Daftar hadirLink

Tidak ada komentar untuk "#1 Sosilaisasi Pemanfaatan Portal Rumah belajar dan penggunaan Zoom dalam Pembelajaran di SMP Negeri 48 Muaro Jambi"