Membuat Grafik Fungsi Kuadrat dengan Laboratorium Maya Rumah Belajar

nanangsriyadi.online – Dalam melaksanakan pembelajaran matematika pada materi persamaan kuadrat, salah satu indicator pencapaian kompetensi yang harus dicapai adalah peserta didik mampu membuat grafik fungsi kuadrat.



Persamaan Kuadrat

Persamaan kuadrat merupakan materi matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Semester 1 pada BAB III. Persamaan kuadrat merupakan salah satu persamaan dalam matematika dari variabel yang memiliki pangkat tertinggi dua. persamaan kuadrat memiliki bentuk umum sebagai berikut:

Dengan a,b merupakan koefisies, x merupakan variabel dan c merupakan konstanta. beberapa contoh persamaan kuadrat adalah sebagai berikut:

    dengan a=1, b=5 dan c=6

 dengan a=4, b=4 dan c=6

Dalam persamaan kuadrat kita bisa mencari nilai variabel yang apabila di subtitusikan kedalam persamaan akan memenuhi persamaan tersebut. Nilai tersebut dinamakan akar-akar persamaan kuadrat. untuk mencari akar-akar persamaan tersebut bisa digunakan beberapa cara, salah satunya dengan cara pemfaktoran.

Grafik Fungsi Kuadrat

Fungsi kuadrat adalah fungsi yang berbentuk , dengan a ≠ 0, x, y∈R. Fungsi kuadrat dapat pula dituliskan sebagai . Bagaimanakah cara menggambar fungsi kuadrat pada bidang kartesius? bagaimana pengaruh nilai a, b dan c terhadap grafik fungsi kuadrat?

Menggambar Grafik Fungsi kuadrat

Misalnya kita memiliki sebuah fungsi kuadrat yang akan kita buat grafiknya yaitu . kita bisa memanfaatkan salah satu fitur dalam Portal Rumah Belajar dengan memanfaatkan fitur laboratorium maya. Dalam laboratorium maya terdapat beberapa fitur yang bisa kita manfaatkan dalam pembelajaran, salah satunya adalah fitur Grafik Persamaan Kuadrat.

Dengan memanfaatkan fitur grafik persamaan kuadrat di laboratorium maya Portal Rumah Belajar, kiat akan dapat menyelesaikan grafik fungsi kuadrat secara cepat dan tepat.

Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat dengan Laboratorim Maya Portal Rumah Belajar

Dalam menggunakan fitur grafik fungsi kuadrat dalam menyelesaikan permasalahan menggambar grafik fungsi kuadrat, dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Masuk ke Portal Rumah Belajar melalui browser dengan melakukan pencarian google atau melalui url belajar.kemdikbud.go.id

  2. Pilih Fitur Laboratorium Maya
    Fitur Utama Portal Rumah Belajar

  3. Pilih Grafik Fungsi Kuadrat

  4. Klik lakukan percobaan sekarang
  5. masukkan nilai a=1, b=5, dan c=6 pada kolom persamaan kuadrat yang disediakan maka grafik persaman kuadrat akan otomatis terbentuk.


demikian cara Membuat Grafik Fungsi Kuadrat dengan Laboratorium Maya Rumah Belajar.

Tidak ada komentar untuk "Membuat Grafik Fungsi Kuadrat dengan Laboratorium Maya Rumah Belajar"