EDMODO Aplikasi Belajar Online Terbaik


Dilansir dalam website www.edmodo.com edmodo adalah sebuah jejaring pendidikan global yang membantu menghubungkan semua pelajar dengan semua orang dan sebagai sumber belajar yang dibutuhkan untuk mencapai seluruh kemampuannya. Edmodo menyatukan semua orang di komunitas pendidikan untuk membantu keberhasilan pendidik . Edmodo menciptakan teknologi, konten, dan platform yang menghubungkan guru, peserta didik, dan orang tua dan membantu peserta didik untuk meningkatkan keterampilan.
Dengan adanya banyaknya LMS, dengan berbagai pertimbangan saya memlilih edmodo untuk melakukan pembelajaran online, kenapa? masi kita simak.


Menurut Pitoy (2012), menyatakan bahwa Edmodo merupakan sebuah platform social network bagi guru peserta didik untuk berbagi ide, file, agenda kegiatan dan penugasan. Edmodo dirancang untuk menciptakan interaksi guru dan peserta didik yang menekankan pada komunikasi yang cepat, poling, penugasan, berbagi ide, dan banyak hal lagi. Sebagai pendidik, Edmodo memberikan fitur untuk berbagi file, link, tugas, nilai serta peringatan secara langsung kepada peserta didik. Sedangkan sebagai peserta didik, fitur yang diberikan adalah peserta didik dapat berkomunikasi dengan guru secara langsung, berdiskusi dengan peserta didik lain, mengirimkan tugas secara langsung dan banyak lagi.
Maka dapat disimpulkan bahwa edmodo adalah platform web yang menggunakan sistem jejaring sosial yang dapat digunaka untuk membangun lingkungan belajar untuk mengkolaborasikan antara pendidik, peserta didik dan sumber belajar secara olnine dalam satu wadah yang menarik dan interktif.

EDMODO Aplikasi Belajar Online Terbaik

Adapun fitur yang ada dalam dalam edmodo yang dilansir oleh www.nesabamedia.com yang dapat diterapkan dalam melakukan proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Polling
Polling merupakan salah satu fitur yang hanya dapat di gunakan oleh guru. Fitur ini dapat di gunakan oleh guru untuk mengetahui tanggapan peserta didik mengenai hal tertentu. Fitur Edmodo yang satu ini merupakan cara yang sangat baik untuk mendapatkan feedback (umpan balik) instan mengenai sebuah event yang baru saja terjadi, tugas, dan sebagainya. Polling dapat digunakan untuk membuat para peserta didik memahami makna ilmu yang baru dipelajari. Untuk menggunakan fitur polling, lakukan langkah-langkah berikut :

2. Gradebook
Fitur gradebook mirip seperti catatan nilai peserta didik. Dengan fitur ini, guru dapat memberi nilai kepada peserta didik secara manual maupun otomatis. Fitur ini juga memungkinkan seorang guru untuk memanajemen penilaian hasil belajar dari seluruh peserta didik. Penilaian tersebut juga dapat diexport menjadi file .csv. Pada fitur Gradebook, guru memegang akses penuh pada fitur ini sedangkan peserta didik hanya dapat melihat rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.
Fitur gradebook sangat membantu untuk membuat catatan nilai yang terorganisir dengan cepat. Guru dapat dengan mudah menambahkan periode penilaian pada Progress Book, menambahkan tugas dan nilai,  kemudian memantau nilai-nilai dari setiap peserta didik dengan mudah. Data yang terorganisir juga membuat guru lebih mudah memantau kemajuan setiap peserta didik, kemajuannya dalam proses belajar, serta peringkat peserta didik di sebuah kelas.
3. File and Links
Fitur ini berfungsi untuk mengirimkan note dengan lampiran file dan link. Biasanya file tersebut ber-ekstensi .doc, .ppt, .xls, .pdf dan lain-lain. Sewaktu-waktu, ketika menjelaskan sesuatu, terkadang guru membutuhkan tambahan materi seperti gambar agar peserta didik dapat lebih memahami pelajaran yang diberikan. Disinilah gunanya fitur File dan Links yang ada pada Edmodo. Hanya dalam waktu singkat, guru dapat mengunggah gambar, video, teks, atau apapun yang menurutnya dapat meningkatkan rasa keingintahuan peserta didik ketika belajar.

4. Quiz
Fitur Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan peserta didik tidak mempunyai akses untuk membuat quiz. Mereka hanya bisa mengerjakan soal quiz yang diberikan oleh guru. Quiz digunakan oleh guru untuk memberikan evaluasi online kepada peserta didik berupa pilihan ganda, isian singkat maupun soal uraian.
Dengan menggunakan edmodo, quiz pun terasa lebih mengikuti perkembangan zaman, karena guru dapat membuat sebuah quiz dengan menyisipkan gambar atau bahkan video sebagai bahan pelengkap pertanyaan quiz. Guru juga dapat menyimpan pertanyaan quiz dalam Library pada edmodo, sehingga di kemudian hari dapat digunakan lagi di kelas selanjutnya. Setelah mengerjakan quiz, peserta didik pun dapat mengetahui hasilnya dengan cepat dan dapat melakukan Retake quiz jika dirasa nilainya masih kurang.

5. Library
Dengan fitur ini, guru dapat mengunggah bahan ajar seperti materi, presentasi, gambar, video, sumber referensi, dan lain-lain. Fitur ini juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung berbagai file dan link yang dimiliki oleh guru maupun peserta didik.
Fitur library ini sangat berguna untuk para guru yang kewalahan memiliki ratusan file di komputer sekolah, atau daftar bookmark panjang untuk halaman web yang berguna sebagai materi pembelajaran. Library Edmodo menyediakan kapasitas tanpa batas yang membuat setiap guru mampu menyimpan, mengurutkan, membagi, dan mengorganisir berbagai macam dokumen hanya dalam satu akun. Dokumen yang terdapat dalam Library virtual ini kemudian juga dapat diakses dimanapun dan dibagikan dengan guru-guru lainnya.
6. Assignment
Fitur ini digunakan oleh guru untuk memberikan tugas kepada peserta didik secara online. Kelebihan dari fitur ini yaitu dilengkapi dengan waktu deadline, fitur attach file yang memungkinkan peserta didik untuk mengirimkan tugas secara langsung kepada guru dalam bentuk file document (pdf, doc, xls, ppt), dan juga tombol “Turn in” pada kiriman assignment yang berfungsi menandai bahwa peserta didik telah menyelesaikan tugas mereka.
Di bagian fitur inilah guru juga dapat lebih dimudahkan perannya. Assignment atau tugas yang sebelumnya pernah diberikan pada peserta didik di periode sebelumnya, bisa kembali diberikan pada peserta didik di periode berikutnya. Tugas untuk peserta didik ini bisa disimpan di Library untuk digunakan kembali di masa depan, sehingga tidak terbuang atau tercecer begitu saja. Sesama guru juga dapat saling berbagi materi tugas yang diberikan pada peserta didik sehingga tugas lebih bervariasi.

7. Award Badge
Untuk memberikan suatu penghargaan kepada peserta didik atau grup, biasanya guru menggunakan fitur award badges ini. Badge yang diberikan tentunya akan menunjukkan track record positif peserta didik. Guru dapat dengan mudah menyediakan badge untuk peserta didik-peserta didik berprestasi yang telah mengerjakan quiz dan tugas lainnya dengan hasil sangat baik.
Badge ini juga dapat menjadi motivasi bagi peserta didik untuk mengerjakan berbagai tugas dengan baik. Adanya penghargaan membuat seseorang lebih bersemangat untuk mengerjakan sesuatu. Guru pun dapat mengatur juga untuk memberikan badge untuk beberapa peserta didik sekaligus. Sayangnya, badge hanya dapat diberikan dari guru oleh peserta didik, tidak untuk sesama guru lainnya. Walaupun begitu, beberapa Badge Edmodo diberikan otomatis kepada guru, misalnya jika guru tersebut adalah guru pertama dari suatu sekolah yang bergabung dengan Edmodo.

8. Parent Code
Setiap kali seorang peserta didik membuat akun student di Edmodo, peserta didik tersebut otomatis juga akan mendapatkan sebuah Parent Code unik yang dapat digunakan oleh orang tuanya untuk juga membuat akun khusus orang tua. Setiap orang tua hanya membutuhkan satu Parent Account, yang dapat memantau semua grup yang diikuti oleh peserta didik. Jika sepasang orang tua memiliki lebih dari satu anak, orang tua tersebut hanya membutuhkan satu buah akun yang dapat memantau proses belajar semua anaknya hanya dari satu akun tersebut.
Dengan fitur ini, orang tua peserta didik dapat memantau aktifitas belajar yang dilakukan anak-anak mereka. Untuk mendapatkan kode tersebut, orang tua peserta didik dapat mendapatkannya dengan mengklik nama kelas/ grup anaknya di Edmodo atau dapat memperolehnya langsung dari guru yang bersangkutan.



Dalam melaksanakan pemanfaatan e-learning berbasis edmodo pada pembelajaran berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

Langkah-langkah Pembelajaran Edmodo

1.      Pendaftaran akun guru pada laman www.edmodo.com


Gambar 1. Screenshoot laman www.edmodo.com


Gambar 2. Screenshoot data profil guru
Melakuan pendaftaran akun guru merupakan langkah awal untuk dapat membangun sistem e-learning edmodo, pendaftaran akun guru dimulai dari membuka laman www.edmodo.com dan melakukan pendaftaran sebagai guru dan mengisi data yang diperlukan. Setelah dilakukan diperukan melakukan konfirmasi melalui pesan yang dikirmkan oleh edmodo ke e-mail yang digunakan untuk melakukan pendaftaran akun guru. Setelah itu guru dapat melengkapi isian profil sebagai identitas guru pada edmodo.

2.      Pembuatan kelas online pada laman www.edmodo.com



Gambar 3. Screenshoot daftar kelas pada laman edmodo

Setelah melakukan pendaftaran akun guru, langkah selanjutnya adalah pembuatan kelas online pada laman www.edmodo.com. Pembuatan kelas digunakan sebagai wadah untuk berkolaborasi antara pendidik, peserta didik dan sumber belajar secara kreatif dan interaktif. Guru sebagai pengelola kelas dapat memberikan kode akses kelas untuk dapat diberikan kepada peserta didik untuk melakukan pendaftaran akun siswa.

3.      Pembuatan dan pengngunggahan materi pembelajaran pada kelas yang telah dibuat


Gambar 4. screenshoot materi pembelajaran pada kelas edmodo
Setelah terbentuknya kelas online pada laman www.edmodo.com. Guru memiliki akses untuk menambahakan materi pembelajaran berupa file gambar, video, link ke halaman website tertentu, file office word,excel dan powerpoint serta dapat terkoneksi dengan jejaring penyimpanan file google drive. Dengan adanya materi yang guru unggah, peserta didik dapat memanfaatkan materi tersebut sebagai salah satu sumber belajar dimanapun dan kapanpun peserta didik berada.

4.      Pembuatan dan pengunggahan soal pada kelas yang telah dibuat


Gambar 5. Screenshoot pembuatan quiz

Gambar 6. screenshoot tugas
Untuk melakukan evaluasi kepada peserta didik guru melakukan pembuatan dan pengunggahan soal sesuai dengan kelas dan folder yang telah dibuat sebelumnya. Dalam edmodo ada dua bentuk soal yang dapat dimanfaatan oleh guru yaitu berbentuk tugas dan kuis. Dalam bentuk tugas (assignment) guru dapat memberikan soal yang dapat memberikan kreatifitas kepada peserta didik untuk menjawabnya. Dalam bentuk kuiz (quiz) guru dapat membuat soal dalam bentuk pilihan ganda, isian singkat,  mengisi tempat kosong dan mencocokkan jawaban. Dengan adanya fitur kuis yang lengkap akan membuat proses evaluasi pembelajaran berjalan lebih interaktif.

5.      Pembuatan akun siswa edmodo


Gamba 7. Kode kelas untuk pendaftaran siswa

Gambar. 8. screenshoot daftar siswa pada kelas 9 edmodo

Setelah guru selesai melakuakn pendaftaran akun, pembuatan kelas, pembuatan dan mengunggah materi dan soal, guru meminta dan membimbing peserta didik untuk melakukan pendaftaran akun sebagai peserta didik (student) pada laman www.edmodo.com dan bergabung ke kelas yang telah dibuat oleh guru menggunakan kode kelas yang telah dibagikan kepada peserta didik.

6.      Melakukan proses pembelajaran berbasis elektronik atau e-learning

Setelah semua langkah dalam membangun sistem e-learning berbasis edmodo telah selesai dilaksanakan, proses pembelajaran yang memanfaatkan edmodo dapat dilaksanakan dan telah dipraktekkan pada pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran diluar kelas secara mandiri oleh siswa.

Gambar 9. Foto pemanfaatan edmodo dalam pembelajaran


Dalam pemanfaatan edmodo di dalam pembelajaran dikelas guru melaksanakan pembelajaran sebagaimana mestinya, dengan terlebih dahulu menyusun rancangan pelaksanaan pembelajaran yang dikolaborasi dengan pemanfaatan e-learning edmodo. Dengan memanfaatkan menu library peserta didik dapat menggali informasi berupa gambar, video, berkas dalam format .pdf, .docx, .xlsx maupun berupa tautan atu link menuju sumber pembelajaran lain di internet.
Dalam melaukan evaluasi guru dapat memanfaatkan menu assignment dan quiz yang bebentuk pilihan ganda, isian singkat, mengisi tempat kosong maupun mencocokkan jawaban. Dalam melakukan penilaian dalam bentuk quiz, nilai akan langsung mucul setelah peserta didik selesai mengerjakannya dan guru akan mendapat hasil analisis dari pekerjaan siswa berupa statistik yang lengkap dalam bentuk table dan diagram sebagai catatan nilai peserta didik

Gambar 10. Pemanfaatan edmodo dalam penilaian

Gambar 11. Screenshoot daftar nilai peserta didik
Dalam penilaian dalambentuk penugasan (assignment) guru dapat memberikan penilaian secara manual dengan memberikan nilai pada kolom yang telah disediakan dengan terlebih dulu memeriksa hasil pekerjaan peserta didik baik berupa jawaban langsung maupun lampiran berupa foto hasil pekerjaan penugasan peserta didik. Guru juga dapat memberikan catatan kepada peserta didik atas hasil pekerjaan penugasan dan juga dapat meminta peserta didik untuk mengulangi hasil pekerjaan apabia diperlukan.

Tidak ada komentar untuk "EDMODO Aplikasi Belajar Online Terbaik"